7 Aplikasi Pinjaman Uang Update Terbaru, Tetap Hati-hati

7 Aplikasi Pinjaman Uang Update Terbaru, Tetap Hati-hati

Halo teman teman, kembali lagi di blog yang selalu berhubungan dengan duit. Kali ini saya akan merekomendasikan sebuah aplikasi yang digunakan untuk meminjam uang berdasarkan hasil review kami. Beberapa aplikasi ini diantaranya memang dibuat khusus pinjaman, adapula yang juga bisa atau melayani belanja cicilan, 10 aplikasi ini akan saya review di sini.


Sebelum itu, mari kita mengenal membahas sebentar mengenai jasa pinjaman ini. Kita harus tau resiko, keuntungan, manfaat dan kelemahannya sebelum anda memakai aplikasi ini. Saya pastinya sudah tau dong, anda ngetik di pencarian aplikasi pinjam duit dan lagi butuh duit kan? Ya sudah jelas lah ya wkwk.

Jadi gini, biasanya jasa Pinjaman online ini dijalankan oleh perusahaan yang bergerak di bidang financial technology (Fintech). Dalam beberapa tahun belakangan ini memang sedang marak aplikasi semacam ini, dan mungkin memang laku di serbu konsumen dengan kebutuhan khusus seperti dompet kurus, mengisi kekosongan dompet, keperluan sehari hari bahkan sampai karena membutuhkan dana darurat untuk usaha.

Mungkin karena hal itulah kini banyak sekali aplikasi yang menawarkan pinjaman online dan berlomba lomba menjadi yang terbaik, untuk beberapa kasus memang aplikasi ini memiliki fitur pinjaman online dengan cepat dalam waktu singkat dibandingkan dengan pinjam ke bank yang membutuhkan waktu yang lama dan ribet.

Oleh karena itu daripada minjem ke bank, ke tetangga, atau teman mending pake pinjaman online aja dan bisa menjadi alternatif terbaik karena bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, hanya bermodalkan android dan koneksi internet, kamu sudah bisa meminjam uang sambil rebahan. 

Tapi sebelum nya harus di garis bawahi, yang namanya pinjem ya wajib dibayar, bukan cuman di Fintech aja tapi keteman juga harus anda bayar.

Kebetulan saya mau curhat dikit aja, gw adalah korban pinjam lari dari temen temen. Supaya siklus ini tidak terulang, saya hanya bisa mengingatkan disini wkwk.

Jadi begitu, kalau kamu pakai aplikasi pinjaman online kan pasti ada yang ngejar nanti kalau gak dibayar yaitu seseorang yang peduli padamu dan selalu mengejar kamu sang debt kolektor tercinta hehe. Ya enggak lah, jangan takut kalau anda masih bisa bayar, karena beberapa fitur aplikasi punya sistem nya tersendiri untuk menilai kamu layak atau tidak diberi pinjaman.

Apapun aplikasi nya saya disini akan memaparkan 10 aplikasi Fintech pilihan terbaik untuk saat ini, namun ini hanyalah pendapat, mungkin nanti akan berubah sewaktu waktu. Bukan hanya layanan yang harus kamu perhatikan, tapi ulasan Aplikasi dan kepercayaan amanah nya harus diperhatikan setidaknya punya sertifikat badan pengawas keuangan, seperti OJK misalnya.

OJK adalah lembaga yang independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. 

OJK didirikan untuk pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, serta menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan. Jadi kalau ada sertifikasi itu, dijamin aplikasi aman deh.


Berikut 10 Aplikasi Pinjaman online ( Fintech ) terbaik menurut whaffers.


1. Kredivo

Status : Good



Link download

Di posisi pertama saya tempatkan aplikasi Fintech bernama kredivo yang diluncurkan oleh PT Finaccel Finance Indonesia, aplikasi kredivo ini memang salah satu aplikasi pinjaman online yang sangat populer, saya tempatkan di posisi pertama bukan berarti saya bilang yang terbaik ya, karena pendapat seseorang berbeda beda, alasan nya karena sudah dapat 10 juta download dan punya rating yang baik.

Namun, saya akan mereview secara pribadi dan sudah mendapatkan kesimpulan. Jadi gini, aplikasi kredivo ini menawarkan pinjaman online untuk semua orang yang di luar Jabodetabek (akun basic) sebesar dengan pinjaman maksimal limit 3 juta, 30 hari. Dan bisa dapat persetujuan lanjutan untuk menikmati layanan paylater 30 hari untuk berbelanja bayar belakangan diberbagai toko online. Syaratnya hanya memiliki KTP.

Dan untuk yang masuk daerah Jabodetabek bisa mendapatkan layanan akun premium dengan limit pinjaman sampai 30 juta, pinjaman hingga 6 bulan dan tenor sampai 12 bulan. Selain dengan layanan pinjaman yang besar dan jangka waktu yang panjang, akun premium juga bisa mendapatkan 100rb bonus Referral per orang. Syaratnya harus punya penghasilan minimal 3 juta/bulan, memiliki KTP, dan berada di daerah khusus Jabodetabek.


Kelemahan kredivo

❌ Susah di terima, walaupun syarat sudah terpampang dengan jelas tapi aplikasi kredivo cukup ketat dalam menyortir pengguna, dikarenakan pemakai juga banyak otomatis seleksi semakin ketat secara logika nya.

❌ Jika tidak diterima?, Bisa daftar ulang lagi dalam jangka waktu 3 bulan. Setidaknya harus ada perubahan yang berarti supaya kamu diterima, misalnya penghasilan bertambah atau mukanya lebih ganteng atau cantik dari sebelumnya.

Kelebihan Kredivo

✅ Limit akun basic yang standar, ya walaupun pinjaman sebentar dan hanya 3 juta maksimal nya, aplikasi cukup baik dalam versi aplikasi pinjaman 

✅ Limit pinjaman terbesar untuk akun premium, untuk saat ini nominal pinjaman terbesar adalah pada aplikasi kredivo akun premium, namun tidak menutup kemungkinan berubah sewaktu waktu.


2.  Kredit pintar

Status : Waspada


Link download

Selanjutnya ada kredit pintar, aplikasi ini dipublikasikan oleh developer kredit pintar pada tanggal 21 September 2017 dan sekarang sudah mencapai 10 juta download. Sudah banyak juga nih yang pakai aplikasi pinjaman online yang satu ini, kebetulan saya sengaja review aplikasi ini berdasarkan pengalaman pendaftaran dan akan di sharing nih pengalaman nya.

Saya tuh mencoba daftar di aplikasi kredit pintar ini supaya bisa melakukan pengajuan pinjaman, dan ingin tau berapa maksimal tenor dan batasan limit kredit yang mungkin akan dibebankan. Jadi gini, menurut saya aplikasi kredit pintar dalam hal pendaftaran memang mudah diterima jika kalian punya banyak data untuk ditunjukkan, misalnya slip gaji, kartu kredit, NPWP, bukti pendidikan terakhir, bahkan akun toko online. Saya mencoba daftar dan di approve hanya dalam waktu 2 menit hehe, mungkin karena saya punya slip gaji adsense, kartu kredit jenius, dan akun toko online, mungkin sudah cukup meyakinkan admin nya.

Dan untuk jumlah pinjaman nya ada yang 28 hari dengan jumlah 600rb, 1,2 juta, 1,8 juta dan yang paling besar dengan jumlah 2,3 juta namun bisa dicicil 3 bulan. Sedangkan batas limit nya ketika saya pertama kali daftar dan diterima itu sekitar 2,3 juta. Saya tidak tahu apakah limit nya dapat bertambah atau tidak tapi ini tergolong kecil dan mungkin diperuntukkan bagi peminjam dengan usaha menengah kebawah.


Kekurangan Kredit pintar

❌ Limit kecil, salah satu yang terkecil diantara aplikasi pinjaman online untuk sementara ini, namun bisa berubah sewaktu-waktu

❌ Bunga sedang, saya menerapkan level sedang pada jumlah bunga yang ditanggung peminjam, namun bagi yang memang sangat membutuhkan mau pinjam kemana lagi ya kan.


Kelebihan Kredit pintar

✅ Mudah dan cepat di approve, ini karena pengalaman pribadi di setujui dalam kurun waktu dua menit, aplikasi ini seperti nya tidak jual mahal dalam persetujuan anggota

✅ Pinjaman cepat, hanya memerlukan waktu 5 menit setelah pendaftaran diterima, bisa langsung pinjam dengan nominal yang sudah disebutkan diatas



3.  Akulaku

Status : Good but attention


link Download

Masuk urutan ketiga, kali ini saya akan menambahkan aplikasi yang menjadi favorit saya. Akulaku adalah aplikasi yang dirilis pada 19 Mei 2016 oleh akulaku-developer dan juga sudah didownload lebih dari 10 juta download. Alasan saya memasukan akulaku ke daftar ini adalah karena mendapat ulasan positif, dan rating yang cukup baik. Walaupun sebenarnya aplikasi ini utamanya memberikan layanan cicilan barang atau produk.

Mungkin bisa menjadi opsi bagi kalian yang ingin berbisnis cicilan barang tidak punya modal, bisa nyicil lagi nih di aplikasi akulaku. Saya sudah menggunakan aplikasi dari 2019 dan cukup membantu sekali dalam memperoleh barang yang di impikan dengan cara cicilan. Namun anda juga bisa mengajukan pinjaman uang sesuai dengan judul artikel ini, anda bisa pinjam dari mulai 3 juta dengan KTA asetku dan Dana cicil hingga 15 juta tenor 12 bulan.

Namun tidak mudah untuk mendapatkan layanan itu, kita memerlukan riwayat pinjaman pembayaran yang bagus dan pembayaran tepat waktu. Limit yang paling mudah didapat adalah KTA asetku namun secara bertahap, misalnya dari jumlah 300rb tenor 28 hari hingga 3 juta tenor 3 bulan membutuhkan riwayat pembayaran yang baik dan akan bertambah bertahap seiring waktu.

Apalagi Dana cicil 15 juta tenor 12 bulan, sampai sekarang pun saya belum bisa mengakses atau menikmati layanan dana cicil ini walaupun pembayaran sudah bagus dan tepat waktu, mungkin karena pinjaman dan kebutuhan belum mencapai batas yang direkomendasikan akulaku.


Kelemahan Akulaku

❌ Persetujuan sulit, untuk beberapa orang pendaftaran akulaku dikatakan agak sulit , mungkin karena melonjak nya pengguna dan sortir semakin ketat

❌ Pinjaman dengan bunga sedang, level bunga pada aplikasi akulaku ini saya kategorikan sedang tergantung jumlah pinjaman dan lama pinjaman, untuk KTA asetku ada tenor 15 hari 28 hari. Cukup singkat untuk bunga yang sedang.


Kelebihan Akulaku

✅ Bisa sambil nyicil barang, berbeda dengan pinjaman uang, nyicil barang di akulaku dikategorikan Sangat baik, tenor hingga 12 bulan dengan penambahan biaya yang relatif kecil daripada harus cicil barang ke perorangan.


4. Maucash

Status : Attention


Link download

Daftar selanjutnya adalah aplikasi pinjaman online bernama maucash dirilis tanggal 2 Juli 2018 oleh perusahaan PT Astra welab digital Arta. Aplikasi Fintech yang satu ini cukup mudah di akses dan sangat ramah di kantong, karena biaya admin yang kecil (pengganti bunga), tenor yang sedang, namun jumlah pinjaman pertama juga bisa dibilang sedang.

Mudah nya penerimaan pendaftaran, serta pengajuan pun tidak memerlukan syarat yang berat, hanya perlu detail pekerjaan, KTP, otorisasi bank dan dokumen tambahan lain yang mungkin saja anda miliki. Disini terdapat dua pilihan metode pinjaman yakni layanan maucepat dan mauringan. Untuk saat ini pertama kali pendaftaran saya hanya melihat layanan pinjaman mau cepat dan mempunyai limit pinjaman hanya 1 juta, tenor 61 hari. Dan ada juga layanan pinjaman hanya saja hanya diperuntukkan bagi karyawan astra saja.

Di awal saja sudah bisa dapat pinjaman 1 juta dengan tenor yang lumayan lama yakni dua bulan namun dengan biaya admin yang bisa dibilang ringan, sangat direkomendasikan bagi yang ingin meminjam uang dengan jumlah kecil, murah dan tenor yang saya kategorikan level sedang, mungkin bisa dibilang paling ringan dibandingkan yang sebelumnya. Dan limit bisa bertambah sesuai riwayat pelunasan dan pembayaran rutin yang tepat waktu atau tidak jatuh tempo.


Kelemahan Maucash

❌ Pinjaman kecil, dengan jumlah limit pinjaman hanya 1 juta mungkin akan saya masukan dalam kategori kecil, namun belum tau apakah bisa di tambah limit nya menjadi lebih besar lagi jika sudah melakukan pembayaran rutin dan baik.


Kelebihan Maucash

✅ Pinjaman uang dengan biaya admin yang rendah, sangat friendly banget bagi berbagai kalangan yang ingin meminjam dana 1 jutaan, tenor juga lumayan menurut saya jika dapat 61 jangka waktu pembayaran maka sebanding dengan biaya admin tambahan nya, bahkan saya kategorikan murah dan hemat.


5. Indodana

Status : Attention


Link download

Di urutan kelima adalah indodana. Aplikasi juga merupakan aplikasi Fintech dengan layanan pinjaman online dan layanan bayar nanti atau bisa disebut paylater. Indodana diluncurkan pada tanggal 29 Januari 2018 oleh PT Artha dana teknologi dan telah di download lebih dari 1 juta pengguna. Aplikasi indodana memiliki rating 3,8 bisa dibilang kategori cukup baik.

Setelah mencoba menjajal aplikasi dan melakukan pendaftaran, mungkin bisa dikatakan agak ribet ya karena banyak bidang yang harus di isi, yang paling ribet itu slip gaji sih gak bisa pakai adsense. Dan beberapa hal terkait pendaftaran lain yang mungkin bisa dibilang ribet. Tapi bukan itu yang akan kita bahas tentang aplikasi yang satu ini. Kita akan fokus ke layanan dan berapa biaya pinjaman uang beserta bunganya.

Jadi indodana itu memiliki dua layanan utama, yakni paylater dan pinjaman uang. Pada Layanan paylater kalian bisa mencicil barang atau produk yang ada di aplikasi Indodana maupun partner toko online, untuk saat ini tersedia Tokopedia dan beberapa toko online yang agak asing. Paylater di aplikasi ini saya golongkan murah sampai sedang, sangat direkomendasikan, atau bisa saja menjadi alternatif selain akulaku.

Sedangkan untuk review dana pinjaman online di aplikasi Indodana, saya kurang puas mungkin karena bunga rasanya terlalu besar besar bagi saya setelah dihitung hitung. Misalnya saja ada pinjaman terkecil dengan nominal 3 juta, 3 bulan pembayaran nya bisa mencapai 4,5 juta. Dan maksimal tenor paling lama 6 bulan dengan pinjaman harus mencapai 6-8 juta. Entah bunga nya ringan atau berat bagi anda.  


Kelemahan Indodana

❌ Beban biaya bunga yang tergolong berat sampai sedang, walaupun tenor bisa mencapai 3 sampai 6 bulan, mungkin anda harus berpikir dua kali jika ingin meminjam uang di sini

❌ Pendaftaran bisa dibilang ribet? Tidak juga kalau anda sabar, jika punya data atau dokumen tambahan seperti slip gaji, data akun mobile banking sudah cukup.


Kelebihan Indodana

✅ Paylater, belanja bayar nanti ini menjadi salah satu unggulan aplikasi Indodana, dimana anda bisa mencicil barang produk dengan tenor 6 sampai 12 bulan dengan biaya yang relatif murah, sangat direkomendasikan.


6. Dana Kilat

Status : Hati-hati


Link download

Selanjutnya di posisi ke enam saya tempatkan aplikasi bernama Dana Kilat, merupakan salah satu aplikasi berbasis Finansial teknologi khusus pinjaman online dengan tampilan sederhana bekerja sama dengan Kominfo dan sudah terdaftar dan di awasi oleh KSP. Tidak banyak yang dapat saya jelaskan pada aplikasi ini, namun tentunya perbedaan yang akan terlihat dari suku bunga, besaran biaya dalam hal pinjam-meminjam.

Sudah banyak sekali aplikasi pinjaman online yang sudah saya coba, dan rata rata memang syarat pengajuan nya hanya informasi pribadi detail pekerjaaan, kontak darurat, rekening bank dan informasi tambahan penunjang lainnya, hampir tidak ada bedanya, yang membedakan adalah tadi, persenan biaya bunga itu. Semakin kecil ya, maka semakin murah pembayaran, bisa dibilang mustahil kalau pinjam tidak ada lebih nya sob, namanya juga layanan kan.

Untuk besaran bunga yang saya lihat lihat di aplikasi dana Kilat ini cukup ringan, hanya 0,05% perhari dari total jumlah besaran uang pinjaman. Yang saya lihat ketika pertama kali membuka aplikasi dana aplikasi, terlihat jelas tawaran pinjaman online dengan nominal 5 juta selama 91 hari dan tidak ada pilihan lain yang terlihat, menurut saya kalau dalam jangka waktu 91 artinya 3 bulan lebih dengan nilai pinjaman lima juta dengan pembayaran akhir 5.5 juta sih tidak terlalu menjadi masalah, bisa dibilang terjangkau ya kan.


Kelemahan Dana kilat

❌ Gak terlalu tau juga, mungkin ini nya sob limit nya gak ada opsi lain udah cuma itu aja 5 juta, 91 hari

Kelebihan Dana Kilat

✅ Bunga saya kategorikan dalam level sedang, dikarenakan adanya biaya admin sebagai pengganti bunga kecil, ya cukup okelah kalau di pake buat minjem dengan nominal segitu


7. Cairin

Status : Unknown


Link download

Ada lagi nih aplikasi pinjaman online bernama cairin. Diluncurkan pada 4 April 2019 oleh PT Idana solusi sejahtera, aplikasi ini sudah di download oleh 1 juta pengguna dan mungkin sudah bertambah lebih dari itu. Aplikasi dengan kategori bisnis Fintech ini sudah saya coba dan uji sendiri dengan hasil ya bisa dibilang baik, Bunga yang sedang agak besar dikit, ya mungkin nanti bisa anda coba sendiri.

Berbicara soal bunga, ini bisa menjadi patokan aplikasi pinjaman yang layak digunakan dan biaya yang transparan dan masuk akal. Karena gini bro, terkadang banyak layanan pinjaman seperti pada aplikasi yang mempunyai biaya bunga yang tidak masuk akal, udah pinjam nya sebentar, uang pinjaman sedikit eh bunga nya segede gaban. Jadi pertimbangan lah buat anda. 

Namun pada aplikasi ini, walaupun ada beberapa biaya yang bercabang tapi saya kategorikan ini sedang. Silahkan anda bijak bijak sendiri dalam memilih. Dalam aplikasi cairin ini ada 3 kategori pinjaman yang bisa teman teman ajukan diantaranya pinjaman cepat, seperti namanya ini diperuntukkan bagi yang ingin mendapatkan pinjaman cepat, yang kedua ada Pinjaman usaha, diperuntukkan bagi yang memiliki usaha dan memiliki izin usaha dan yang ketiga adalah pinjaman Pendidikan yang tentunya digunakan untuk pembayaran ketika anda menempuh pendidikan perkuliahan, pakai sesuai kategori yang sedang kamu butuhkan.


Kelemahan Cairin

❌ bunga dengan total 0,8 % perhari menjadi salah satu biaya yang dikategorikan sedang diatas rata rata aplikasi Fintech 0,5 sampai 0,6 persen.


Kelebihan Cairin

✅ Ada 3 kategori yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 


Kesimpulan :

Itulah 7 aplikasi pinjaman online pilihan terbaik yang admin rekomendasi kan, sudah pernah di coba dan di uji sendiri dan ke tujuh aplikasi tersebut lah yang kiranya admin sukai, bukan sebagai reviewer tapi sebagai pengguna. Apapun pilihan kalian pinjam lah uang dengan pijak, namanya juga perusahaan bisnis Finansial dan pasti kita akan menemukan yang namanya bunga atau uang lebih. 


Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader