Alasan Jual Barang Di Marketplace Facebook Tidak Disetujui

Alasan Jual Barang Di Marketplace Facebook Tidak Disetujui

Apakah teman teman pernah mencoba menjual barang di Facebook? Pasti tau dong dengan yang namanya marketplace? Nah, kali ini kita akan membahas tentang permasalahan yang dihadapi ketika melakukan penjualan di Facebook melalui grup tempat penjualan yang disebut dengan marketplace ini.

Berjualan di Facebook memang salah satu cara yang paling efektif dan mudah dilakukan, apalagi jika kita sudah mempunyai strategi penjualan yang baik, barang apapun yang dijual pasti akan laku. Karena pengguna Facebook memiliki jumlah yang banyak dan juga berbagai transaksi sering dilakukan disini. Walaupun Facebook bukanlah toko online, tetapi yang namanya media sosial tentunya bebas melakukan interaksi yang bersifat sosial pada umumnya.

Bahkan bukan cuman interaksi berjualan, bermain game pun juga bisa dilakukan secara online di Facebook ini, sungguh bervariasi deh pokoknya media sosial yang satu ini. Mau bagaimana pun memang harus di akui, aplikasi buatan Mark Zuckerberg ini menjadi media sosial nomor 1 di dunia dengan pengguna mencapai miliaran jiwa. Jadi kebanyakan berkas jejak para jiwa jiwa disini akan terlihat di Facebook wkwk. Jadi ngebahas itu ya.

Selain digunakan untuk saling berbagi informasi, update status galau, kang share dan segala penghuni Facebook. Media ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan duit, yaitu tadi, dengan cara berjualan di marketplace, seperti para penjual atau pemilik olshop kebanyakan. Tapi tidak semua barang yang teman teman posting bisa lolos atau diterbitkan di marketplace.

Alasan Jual Barang Di Marketplace Facebook Tidak Disetujui


Namun, pernahkan kalian mendapati masalah barang jualan yang tidak di setujui (not Approved) oleh sistem Facebook? Entah mereka melakukan sortir barang yang masuk di marketplace melalui software sistem AI atau secara manual dengan tindakan admin. Namun memang beberapa produk yang di coba anda jual tidak semuanya bisa masuk, beberapa barang tidak akan dibiarkan nongol di marketplace jika kalian melanggar ketentuan Facebook marketplace.


Mar kita bahas Contoh kasus Berikut. Ini dia beberapa alasan penolakan jual barang di marketplace Facebook yang harus anda tau.

  • Barang yang di curigai palsu, ada beberapa barang bermerek yang memang berpotensi atau di curigai palsu, dan sistem Facebook inilah yang mengklarifikasi kan atau mencap bahwa barang itu kemungkinan palsu. Walaupun barang yang kita jual niat nya barang asli atau original
  • Replika barang bermerek, seperti poin diatas. Hampir sama nih fonis klarifikasi, jadi sistem akan menganggap barang tersebut replika berdasarkan pengelihatan mereka, misalnya dari gambar, dan kata deskripsi nya yang mungkin akan berpotensi menurut sistem, jadi poin satu kemungkinan barang palsu dan replika barang bermerek saling berhubungan
  • Salinan tidak sah karya berhak cipta, nah kalau ini akan mudah terdeteksi oleh sistem. Biasanya alasan penolakan karena gambar yang kalian posting merupakan gambar orang lain, nyomot di google, atau mirip karya berhak cipta tidak akan disetujui penjualan nya. Gunakanlah gambar original hasil jepretan anda sendiri.



Misalnya anda ingin menjual barang di marketplace, sudah tau kan tempat nya, klik menu di bagian sebelah kanan atas, kan ada tuh yang namanya marketplace.


Jual barang, untuk memposting list produk yang tampil seperti gambar itu


Nah, di sini anda masukan kategori produk nya, baik berupa barang dengan kategori benda yang luas atau lebih spesifik seperti kendaraan, rumah atau pekerjaan harus disesuaikan


Setelah anda memposting barang jualan, sudah menambahkan Poto, deskripsi dan harga produk. Namun hasilnya tidak setujui seperti gambar berikut ?


Bagaimana solusi nya? berikut saya berikan tips supaya barang anda disetujui untuk dipasarkan di tempat penjualan Facebook marketplace termasuk grup jual beli.

  • Menjual barang pribadi, nyatanya penjualan barang bekas pemakaian pribadi misalnya dengan foto dan deskripsi hasil sendiri lebih diutamakan dan mudah diterima persetujuan Facebook marketplace, ini menurut pengalaman pribadi. Sebelum nya memang saya tidak pernah ditolak tapi setelah meng-upload barang bermerek dipasaran seperti Contoh penolakan diatas sandal Adidas, ehh malah ditolak. Mungkin karena memang gambar nya ngambil dari online shop lain, jadi seperti nya melanggar ketentuan marketplace tentang hak cipta. Namun bukan berarti temen temen hanya bisa menjual barang pribadi, barang apapun jenis apapun bisa kok sangatlah luas, ini menurut pengalaman pribadi saja.
  • Gunakan foto hasil jepretan sendiri original dan deskripsi yang tidak mencurigakan. Pastinya seperti yang saya katakan sebelumnya kalau Facebook memvonis ada karya berhak cipta ya tidak akan pernah disetujui termasuk gambar sekalipun. Dan usahakan jangan membuat deskripsi yang berlebihan dengan kata yang sensitif, misalnya jangan terlalu banyak memasukan kata original, dijamin, dan beberapa kata dengan opini tinggi yang sifatnya bisa benar bisa tidak.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader