Cara Membuat Blog Untuk Jualan (Olshop) Di Android Gratis ( Part 1)

Cara Membuat Blog Untuk Jualan (Olshop) Di Android Gratis ( Part 1)

Apakah kalian berminat untuk membuat blog untuk berjualan? Ingin mengembangkan bisnis toko online? Teman teman berada di halaman yang tepat! Kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat blog khusus untuk berjualan dengan tampilan ala toko online.

Berbisnis berjualan dengan toko online ini memang menjadi salah satu cara memperoleh penghasilan melalui internet, apalagi jaman Sekarang memang lebih banyak orang menyukai hal yang berbau belanja apalagi secara online, bahkan beberapa toko fisik akhirnya banting stir dan merubah nya menjadi toko online, ya iyalah sekarang mah serba digital.

Fakta unik toko online



Setiap orang memiliki usaha tersendiri, tapi membuat toko online adalah salah satu cara yang wort it di tahun tahun seperti ini, bukan cuma karena minat belanja yang semakin meninggi tapi juga karena mendirikan toko online bisa di lakukan gratis tanpa mengeluarkan modal.

Seperti yang kita tahu toko online yang sudah besar misalnya shoppe, lazada, Tokopedia, bahkan brand ambasador asal Cina yaitu Alibaba, bisa meraup keuntungan dan kesusksesan dengan uang yang fantastis tentunya. Dan bagaimana dengan kita? Apakah kita bisa seperti mereka juga yang bisa mendirikan bisnis dengan omset hingga triliunan?

Jawabannya adalah hampir mustahil tapi bukan tidak mungkin. Yang bisa kalian lakukan sebagai UMKM paling hanya penjual produk saja di toko sekelas shopee dan lainnya, kita disini akan memberikan kenyataan dan fakta bukan impian dan begitulah adanya.

Namun, bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan, memperoleh penghasilan dari hanya menjual barang di toko besar tersebut, anda juga bisa memiliki penghasilan jika berusaha dengan giat.

Toko mini (olshop) mungkin itulah gambaran atau nama yang tepat yang tentunya sedang marak digarap masyarakat di tahun tahun terakhir ini, jutaan olshop berdiri saat ini dengan nama nama kecil yang kebanyakan numpang di toko besar, jadi reseller, ada yang jadi dropshipper adapula yang menjual produk sendiri, jadi banyak cabang dari bisnis ini.



Keuntungan memiliki toko online

Teman teman yang sudah mempunyai toko offline seperti penjual di jalanan, reseller, dropshipper, ataupun distributor akan diuntungkan dalam hal ini. Selain itu dengan membuat blog ini, para pembeli atau konsumen kalian lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar produk dan branding mu.

Gini bro, jika ingin produk teman teman laku dan banyak pembeli, kalian tuh harus punya yang namanya branding atau ikonik toko online pribadi supaya produk dan toko lebih dikenal syukur syukur dipercaya dan sudah terpercaya oleh konsumen, jadi ini yang membuat produk mu laris.

Termasuk pada branding website toko online ini! Bagusnya kamu itu membuat berbagai cabang situs toko online seperti mempunyai website, aplikasi bahkan forum forum media sosial supaya toko anda lebih dikenal dan memikat banyak konsumen namun memang tidak mudah untuk melakukan itu semua sob! Jadi harus bertahap saja dalam pengembangan usaha semacam ini.

Kelebihan membuat Blog jualan online

Yah mungkin masalah itu lain kali saja, kali ini kita akan berfokus dulu pada cara membuat blog untuk jualan online, sebelum nya teman teman harus pahami dulu keuntungan nya.


1. Bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas

Nah, ini yang menjadi pokok utama anda membuat blog jualan, yakni untuk mendapatkan lebih banyak konsumen berkat jangkauan pelanggan yang luas. Seperti yang kita tahu bahwa google search biasa digunakan seseorang untuk mencari sebuah informasi bahkan transaksi jual beli, dengan membuat blog ini kamu bisa membuat informasi barang jualan mu terutama di Indonesia.

2. Direkomendasikan bagi yang sudah punya toko offline 

Bagi yang sudah mempunyai toko offline sebelum nya dan punya pelanggan tetap, khusus nya anda yang bekerja sebagai reseller, atau dropshipper, blog jualan ini akan sangat berguna untuk me-redirect atau memindahkan cara pembelian mereka ke blog jualan milik sobat jadi lebih terkesan terintegrasi aja gitu, apalagi blog toko online banyak kostumisasi nya dan bisa disesuaikan sendiri sambil anda belajar seiring dengan waktu. Namun bagi anda yang niat nya dari nol untuk jualan melalui blog sah sah saja karena kunci keberhasilan ada pada diri anda sendiri bukan kami.

Persiapkan membuat blog jualan gratis di android

Sebelum memulai proyek ini, pastikan teman teman menyiapkan beberapa hal penting berikut pikirkan dengan baik dan santai oke


1. Nama toko online anda

Ya tentu dong kalian harus punya nama toko, sesuaikan saja dengan nama blog anda, sebuah nama adalah brand jadi pikirkan betul betul nama yang unik Menurut kamu sesuai dengan fashion mu.

Misalnya nih, kamu ingin membuat blog toko online untuk jualan buah misalkan cari nama yang masih segar segar contohnya freshtoko, fruitnet, tokosegar atau mungkin teman teman ingin jualan sepatu contoh inspirasi nama toko nya sepatucoolnet, sepatukeren, boatnet, pokoknya bebas lah yang penting happy dan sesuai ekspektasi anda.

Intinya tentukan

  • Nama website 
  • Nama Url nya 


2. Siapkan gambar Logo, produk, dan desain gambar.

Sudah siap dengan nama? Ayo kalau gitu kita lanjut nih bikin gambar, menyiapkan produk yang dijual dan mendesain gambar untuk mengikat pelanggan.

Simpel aja sih teman teman bisa membuat gambar favicon atau gambar persegi ikonik untuk blog jualan teman teman, hampir sama dengan logo Aplikasi misalnya seperti gambar toko online yang saya buat ini.



Yah seperti itulah kira kira logo yang bisa kalian buat hanya dengan mengandalkan beberapa gambar free di internet lalu edit atau tambahkan huruf dengan aplikasi picart, ya. Untuk pembuatan logo ini anda bebas lah, bisa juga sih menggunakan jasa pembuatan logo seperti DesignMantic, OnlineLogoMaker, Logaster, LogoGarden, Logonut dan lain lain.

Jika logo sudah oke sudah beres lanjut ke produk, tentukan dong produk apa saja yang mau anda jual, misalnya mau jual produk khusus atau campuran kreasikan saja sendiri, misal jika kamu mau buat produk khusus untuk penjualan baju wanita ya jual aja yang kayak gitu terus sampai banyak variasi nya. Untuk bagian ini kalian bisa merekrut penjual, mencari partner atau pelapak.

  • Logo, Desain sendiri atau gunakan jasa pembuatan logo
  • Produk, siapkan produk yang akan dijual, baik buatan sendiri, menjual ulang (reseller), penyuplai barang (distributor) ataupun dropship, seperti biasa siapkan juga foto produk nya, masa kalau kagak ada foto mana ada orang yang beli


3. Siapkan deskripsi blog jualan anda

Bagian yang tak kalah penting yaitu deskripsi sob. Deskripsi bukan hanya ditujukan untuk memperjelas dan memberikan informasi kepada pembeli saja, tetapi juga merupakan salah satu teknik untuk mengoptimalkan mesin pencari atau istilah nya (SEO) supaya blog kamu lebih di akui oleh google search memang harus punya teknik SEO yang sempurna, walaupun deskripsi hanya sebagian kecil darinya. 

Jika kita mampu mengoptimalkan nya keterlihatan blog jualan kita akan lebih tinggi di pencarian, misalnya kita akan membuat artikel "smartphone terlaris, beli di sini sekarang" jika blog kita SEO nya cukup kuat bukan tidak mungkin mendapatkan kunjungan organik dari google search dan memungkinkan produk kita laku juga boy.

Gak usah jauh jauh lah, contohnya aja deskripsi blog ini ya kira kira macam itulah.

Kembali lagi di artikel cara membuat blog jualan di android, dalam versi sebelumnya kita membahas persiapan apa saja yang harus disiapkan ketika mau memulai membuat blog untuk jualan ini, bagi yang belum membaca nya supaya tidak gagal paham ini part sebelumnya. Cara membuat blog jualan part 1.

Nah, dalam artikel part 2 ini kita akan mulai mempraktekkan pembuatan blog terlebih dahulu, dan kita akan membuat blog di blogspot saja ya supaya mudah dipahami.

Step 1 Membuat Blog Jualan di blogspot

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs pembuatan blog blogger.com. disana teman teman klik masuk untuk login


Masukan akun google kalian



Setelah itu klik berikutnya


Jika anda sudah berhasil login



Nah, disini kalian masukan judul atau nama blog jualan sobat dalam hal ini tentunya nama toko kalian yang sudah dipersiapkan sebelum nya. Judul ini akan tampil di halaman blog paling atas



Dilanjutkan dengan memasukan nama URL blog. 

 


Konfirmasi nama toko anda yang tadi 

Step 2 Mengubah template tema blog

Pada tahap ini blog sudah berhasil dibuat, namun masih mentah belum di konfigurasi menjadi tampilan toko online. Nah, untuk mengubah nya menjadi seperti toko online, kalian haru menyiapkan yang namanya template (tema blog). 

Teman teman bisa mendownload template ini secara gratis di internet atau membeli template premium. Saya disini memakai template viotoko.

Jika sudah punya template nya (dalam bentuk .xml)

Selanjutnya kalian ubah tema nya.


Klik menu drop down 


Untuk mengubah tema blog, pilih pulihkan untuk meng-upload file tema berbentuk .xml yang sudah kalian download sebelum nya.



Klik upload


Pilih tema nya. Saya disini memiliki banyak template blogger yang didownload secara gratis di internet.



Jika sudah mengubah template, selanjutnya lihat blog apakah sudah berhasil diubah


Step 3 Mengatur konfigurasi menu tata letak

Dilanjut masih kelanjutan yang tadi, kalian akan melihat tampilan kurang lebih seperti ini jika menggunakan template viotoko. Nah disini kita akan mengatur menu tata letak supaya bisa di klik dan kelihatan lebih profesional.

Ini menu menu yang belum aktif (link mati) kalian bisa mengubah link mati ini menjadi link aktif yang mengarah ke suatu tempat atau halaman artikel anda sendiri. 


Kembali lagi ke dashbor halaman blogger.com dan hapus beberapa tata letak yang tidak diperlukan, seperti tampilan laporkan penyalahgunaan, serta tata letak yang tidak anda inginkan lain.



Hapus aja supaya blog terasa ringan loading nya



Step 4 Mengedit template tema blog

Selanjutnya kita akan mengedit tema blog untuk mengatur konfigurasi menu tadi, dari link mati menjadi link aktif yang bisa di klik pengunjung blog. Untuk melakukan ini sangat mudah kok, saya akan berikan penjelasan yang mudah dimengerti. Yang pertama kita harus mendownload tema yang sudah terpasang.


Klik menu drop down, klik cadangkan untuk mendownload tema blog kalian, tujuannya untuk mengedit file nya.



Klik cadangkan

Nah,bisa dilihat tema nya sudah ter-dowmload


Untuk mengedit supaya lebih mudah, anda harus mendownload aplikasi editor xml/html bernama anWriter.


Setelah di download aplikasi anWriter nya, lanjut buka file tema tadi

Mungkin kalian perlu menghafal pengaturan yang ada sebagai berikut supaya tidak bingung

  • Open file, untuk membuka file 
  • Save, menyimpan file
  • Undo, mengembalikan editan ke sebelum nya
  • Menu titik tiga, terdapat beberapa

Pengaturan, seperti

  • Search, mencari kode tertentu
  • Copy, menyalin teks
  • Paste, menambahkan teks yang disalin
  • Save as, simpan di folder yg ditentukan
  • Tools, alat
Nah, jika sudah hafal beberapa pengaturan nya, klik search untuk mencari kode menu yang dituju

Akan muncul pencarian seperti ini, ketik di bagian find 

Ketika menu navigasi maka akan secara otomatis diperlihatkan kode nya untuk kita ubah

Tujuan kita mengubah dulu kata menu di halaman blog menjadi kata yang spesifik


Jika sudah ketemu menu navigasi nya akan terlihat seperti ini

Nah, dibawahnya bisa kalian lihat adalah kode menu. Yang diberi tanda merah itu adalah kata yang muncul di halaman blog. Ubah sesuai apa yang ingin kamu isi dan dikehendaki

Misalnya gini, anda mau mengubah kata nya menjadi kategori produk kalian, seperti flash sale, elektronik atau bahkan selempak produk andalan mu. Jika sudah maka simpan klik save.


Kembali lagi ke blogger.com. tema>lalu upload file tadi yang sudah diedit. Supaya tidak bingung anda bisa save as dan beri nama file supaya mudah dicari. 

Maka Ter ubah lah menu halaman di blog ini. Tuh lihat kan berubah menu nya. Tapi masih belum bisa di klik atau masih dalam keadaan link mati

Bahkan menu drop nya masih belum bisa di klik

Step 5 membuat dan menambahkan halaman

Nah, inilah fungsi nya halaman, jadi menu tadi tuh bisa dirujuk ke halaman atau artikel yang ingin kamu tuju dengan menyisipkan link aktif ke menu yang telah kamu buat tadi. 

Contohnya kita mau membuat halaman

Klik ikon plus


Nah, ini adalah tampilan ketika anda ingin membuat halaman atau artikel. Akan seperti ini jadinya, yaitu tempat menulis dan mempublikasikan artikel, silahkan buat halaman toko online anda, misalnya halaman about, privacy, atau deskripsi tentang toko online kamu


Kalian harus mengerti beberapa hal berikut

  • Judul, yang akan muncul di mesin pencari
  • Shoppe-amat, adalah gambar nya
  • Deskripsi, isi dengan kata kata mu sendiri
  • Tanda panah merah, untuk mempublikasikan



Klik publikasikan 

Dan lihat halaman nya apakah sudah terlihat bagus good looking

Begini jadinya halaman kamu jika dilihat oleh pengunjung. Nah, halaman ini bisa kamu pasang di menu tata letak yang tadi kamu edit seperti kategori, atau selempak Superman.

Iink aktif ini yang kamu butuhkan untuk di pasang. Silahkan copy paste link nya

Buka kembali aplikasi anWriter dan cari kembali menu navigasi nya

Lihat dengan seksama yang bertanda panah merah, silahkan paste kan link nya ke sana sesuai instruksi saya seperti gambar dibawah

Klik menu titik tiga, dan pilih paste

Tara! Link halaman nya sudah masuk di kategori menu about. Dan begitu seterusnya jika kalian ingin mengisi kategori menu lain jadi link aktif

Silahkan save file nya

Dan pasang lagi di tema> lalu upload

Upload

Coba lihat lagi blog nya, sekarang bisa di klik dan langsung menuju halaman yang dimaksud

Kalau gini sudah beres link menu navigasi nya sudah aktif tidka mati lagi


Step 5 menambahkan artikel untuk produk 

Step terakhir tinggal menambakan produk kamu dengan membuat artikel atau postingan baru. Seperti yang saya katakan sebelumnya, anda harus sudah siap produk yang akan dijual

Sama seperti membuat halaman. Membuat artikel yang berupa produk kamu juga memiliki pengaturan pembuatan yang sama seperti menambah gambar, judul, publikasi sama. Hafalkan saja itu.

Nih kan sudah jadi contoh produk yang saya jual

Tampilan dihalaman utama blog akan seperti ini kira kira

Mudah di pahami kan





Untuk template viotoko ini tersedia menu beli, chat dan call. Bisa anda atur lagi di anWriter dengan pencarian kode nomor, ubah nomornya jadi nomor milik mu! Is simple jika sudah mengerti pasti anda tidak bingung, coba baca ulang lagi



Kesimpulan : 

Selamat mencoba dan semoga berhasil







Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader