Panduan Google Search Console

Panduan Google Search Console

 Google search console adalah layanan yang disediakan oleh Google yang digunakan untuk membantu mengenali data statistik website, performa dan berkembangnya. 

Daftar Isi
1. Pengertian Google Search Console
2.Kegunaan Google Search Console
   2.1Meningkatkan hasil penelusuran
   2.2Mengecek performa website
   2.3Identifkasi masalah keamanan website
   2.4Mengatur perayapan URL
   2.5Meningkatkan Indeks dengan sitemap
3.Cara menambahkan blog ke Google search console
4.Mengenali istilah Google search console
5.Cara menggunakan Google search console
   5.1Menambahkan sitemap
   5.2Menghubungkan Google search console ke Google analytics
   5.3Menginspeksi URL
   5.4Menghapus URL dari pencarian
   5.5Meningkatkan pengalaman pengguna
   5.5Mengumpulkan data kata kunci potensial
   5.7Menambahkan Pengguna
   5.8Memindahkan situs

Dalam artikel ini, kita akan belajar tentang Google search console, cara penggunaan search console, dan mengenali apa saja manfaat nya bagi blog. 


Google search console adalah


Google search console adalah?

 Google webmaster tools atau yang sekarang disebut dengan Google search console adalah platform Google yang disediakan secara gratis untuk para blogger atau pemilik website untuk memonitoring kinerja dan performa website serta memungkinkan kita untuk melakukan perbaikan (fix) terhadap ketidaksesuaian pada blog. 

Google search console memungkinkan anda untuk mengetahui status website, statistik perayapan, serta kinerja website di berbagai perangkat mobile, sampai analisis halaman berdasarkan trafik. 


Kegunaan Google Search Console

Banyak manfaat yang bisa anda rasakan ketika menggunakan Google search console, dikarenakan layanan ini berhubungan dengan Google secara langsung, artinya ini merupakan layanan resmi bagi para kreator konten yang mempunyai website dari blogger maupun wordpress. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari Google search console. 


1. Meningkatkan hasil penelusuran

Hasil penelusuran adalah bagaimana Google menampilkan halaman anda di mesin pencari. 

Meningkatkan hasil penelusuran merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh blogger untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung di website sehingga perayapan juga dapat ditingkatkan. 

Search console ini diciptakan supaya anda bisa meningkatkan hasil penelusuran yang lebih baik dan menentukan dan memonitor bagaimana cara Google merayapi halaman anda. 


2. Mengecek performa website

Performa website adalah salah satu hal yang penting bagi pengunjung maupun bagi Google bot. 

Performa yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik pula. 

Anda bisa mengetahui apa-apa saja kinerja yang di dapatkan seperti statistik perayapan, data statistik pengunjung, pengalaman halaman, dan mengecek performa website pada perangkat yang berbeda. 


3. Identifikasi masalah keamanan website

Isi atau masalah keamanan juga menjadi salah satu yang harus dijadikan perhatian bagi anda pemilik website.

Anda bisa mengetahui berbagai macam masalah keamanan yang mungkin tidak akan terdeteksi oleh tools biasa. 

Tentu, semua orang ingin website atau blog nya aman dari gangguan hacker, pencurian data, atau masalah keamanan lainya. 

Untungnya Google search console membuat layanan yang dapat membantu anda dalam mendeteksi masalah keamanan uang terjadi pada website dan memberikan peringatan jika hal itu terjadi. 


4. Mengatur Perayapan URL

Sebagai tools resmi Google, tentu anda bisa melakukan tindakan dan mengatur setiap URL pada website anda. 

Perayapan URL merupakan tugas Google bot dalam mengelola setiap artikel atau halaman yang anda publikasikan. 

Anda bisa melakukan inspeksi URL serta melakukan pengajuan permintaan pengindeksan langsung kepada Google bot. 

Dan menjadikan artikel atau halaman anda di prioritaskan untuk di indeks. 

Google search console juga bisa menghapus artikel atau halaman yang tidak diinginkan melalui tools penghapusan. 

Juga dapat mengecek performa URL apakah bisa di Indeks atau tidak melalui alat inspeksi URL. 


5. Meningkatkan Indeks dengan Sitemap

Anda bisa meningkatkan hasil penelusuran dan membantu Google merayapi situs anda secara lebih baik dengan menambahkan Sitemap atau peta situs di dalam website anda. 

Sitemap berfungsi untuk membantu Google dalam melakukan perayapan sehingga mengetahui setiap isi pada artikel atau halaman yang anda buat dan mengidentifikasi nya dengan baik. 


Cara Menambahkan Blog ke Google Search Console

Berikut langkah-langkah untuk menambahkan blog atau website anda ke Google search console :

  • Login ke akun Google anda
  • Buka Search Console
  • Klik Tambahkan properti
  • Pilih "jenis properti", 
-properti domain, digunakan untuk domain baru tanpa awalan URL 
-Awalan URL, bagi website yang mempunyai berbagai jenis variasi halaman. 

Note: pastikan anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang ada di hasil penelusuran untuk menghindari penurunan trafik. 
  • Klik "lanjutkan"
  • Situs anda akan secara otomatis di verifikasi melalui akun Google. Namun jika anda diberi perintah untuk melakukan verifikasi manual maka ada beberapa cara untuk verifikasi website, dari mulai upload file HTML, memasukan nama DNS ke penyedia domain, HTML tag ke template, atau melalui kode tracking Google analytics, pilih saja salah satu. 


Untuk versi yang lebih lengkap, tentang cara menambahkan blog ke Google Search Console, anda bisa membaca artikel versi lengkap nya berikut Cara submit blog ke Google search console


Mengenali Istilah Google Search Console

Sebelum memulai menggunakan Google search console, alangkah baiknya jika anda mengenali beberapa istilah yang mungkin akan berguna untuk mengenali sedikit demi sedikit fungsi utama dari Google search console. 


  • Impression
Impression adalah total hasil penelusuran yang tampil dan terlihat oleh pengguna. 

Artinya impression ini adalah data statistik tentang jumlah artikel atau halaman yang dilihat oleh pengunjung di mesin pencari. 

Namun, impression bukanlah hasil klik artikel atau halaman pada wesbite anda melainkan jumlah tampilan nya saja. Walaupun tidak di klik oleh pengunjung, akan dihitung sebagai jumlah impression. 

  • Click
Sedangkan click adalah pengguna yang mengklik suatu artikel atau halaman anda di hasil penelusuran Google. Namun jika pengguna mengklik satu halaman lalu menekan tombol kembali dan mengklik halaman yang sama akan tetap dihitung sebagai satu klik saja. 

Artinya perhitungan satu klik akan di nilai sebagai satu pengguna, namun jika pengguna mengklik halaman lain setelah itu, maka akan di hitung sebagai rasio pantulan. 

  •  CTR ( Click Through Rate) 
CTR merupakan singkatan dari Click dibagi impression yang di kali 100. Jika artikel atau halaman anda muncul 50 kali di hasil penelusuran dan mendapatkan klik sebanyak 25 klik maka perhitungan CTR nya adalah 50 persen. 

Dan hasil kinerja ini akan ditampilkan secara realtime di Google search console sebagai target pencapaian anda. 


Cara Menggunakan Google Search Console

Setelah anda berhasil menambahkan website atau blog anda ke Google Search Console serta mengenali istilah apa saja yang dipakai. Selanjutnya kita akan memulai untuk menggunakan Google Search Console secara sederhana menurut fungsi nya. 

Berikut adalah panduan cara menggunakan Google search console :


1. Menambahkan Sitemap XML

Sitemap berguna untuk memberikan sinyal kepada Google bot atau mesin pencari untuk mengenali semua halaman atau artikel di dalam website anda. 

Salah satu jenis peta situs berakhiran XML ini dapat membantu mesin pencari melakukan crawl pada blog. 

Umumnya Sitemap digunakan untuk situs besar yang sudah memiliki banyak halaman. Meskipun begitu, pengguna Sitemap pada blog baru juga direkomendasikan untuk mempercepat crawl pada situs anda yang baru. 

Pada situs besar, Sitemap akan memberitahu setiap halaman pada website anda sedangkan untuk website baru yang berukuran kecil, akan membantu mempercepat proses crawl namun bukan berarti peta situs ini tidak memiliki kelemahan. 

Untuk menambahkan peta situs anda bisa menggunakan Google Sitemap XML ataupun bagi pengguna wordpress dapat menggunakan plugin Yoast SEO. Pengguna peta situs tidak lah Sembarangan, anda perlu menentukan salah satu saja. Menggunakan terlalu banyak Sitemap juga dapat mengakibatkan kesalahan crawl. 

Anda bisa menggunakan beberapa URL Sitemap berikut ini : 


https://situsanda.com/Sitemap.xml
https://situsanda.com/Sitemap.xml?page=1
https://situsanda.com/Sitemap.xml?page=2


Dan seterusnya, semakin banyak artikel atau halaman yang anda buat, maka semakin banyak peta situs yang harus anda daftarkan, untuk jumlah yang disarankan adalah setiap 500 artikel. 

Selanjutnya adalah mendaftarkan peta situs anda ke Google Search Console. Langkah nya adalah sebagai berikut :

Menambahkan peta situs


Buka dashboard Google search console, klik halaman peta situs (Sitemap) dan pastekan kode XML peta situs tadi. Lalu klik tombol submit. 

Jika pendaftaran berhasil, maka akan diberikan notifikasi bahwa Peta situs berhasil diproses, namun jika terjadi kesalahan yang membuat peta situs anda tidak terbaca atau terjadi error, maka anda harus menghapus nya. Itu artinya konten anda terlalu sedikit untuk menambahkan peta situs yang baru. 


2. Menghubungkan Google Search Console dan Google analytics

Selanjutnya adalah tahapan untuk menghubungkan akun Google search console anda ke akun Google analytics, ini dimaksudkan agar membantu Google search console untuk menganalisis data statistik dan menghitung data secara akurat. Dengan begitu anda bisa memperoleh perspektif mengenai konten dan kata kunci yang lebih baik berkat kombinasi data dari kedua layanan. 

Jika anda sudah mempunyai Google analytics dan Google search console, tahapan selanjutnya adalah menghubungkan secara langsung. Hal ini memang disarankan oleh Google analytics sendiri. Berikut tata cara untuk menghubungkan keduanya. Buka dashboard Google analytics, kemudian klik bilik menu yang anda di pojok atas. Dan klik halaman admin. 

Google analytics ke Search console

Google analytics akan menampilkan pengaturan admin. Dalam halaman pengaturan ini, silahkan anda cari "setelah properti " Lalu klik sesuaikan search console untuk menautkan secara langsung ke Google search console. Pilih website yang ingin anda tautkan lalu klik tombol save. 

Setelah keduanya terhubung, anda bisa melihat data statistik Google search console di halaman acquisition. 


3. Menginspeksi URL

Inspeksi URL adalah tools yang digunakan untuk mengecek keberadaan URL halaman atau artikel anda, apakah dapat di crawl, serta dapat membantu agar halaman atau artikel ini di Indeks dan diprioritaskan oleh mesin pencari. 

Dengan kata lain, inspeksi URL ini akan memberikan peranan penting bagi blog anda dalam meningkatkan hasil penelusuran. 

Anda dapat mengetahui dan mengecek apabila ada kendala yang dihadapi ketika Google bot mengalami masalah pada URL artikel anda. 

Alat inspeksi URL dapat memperoleh data yang dihasilkan pada halaman dan melaporkan status nya saat ini. 

Hasil pengujian inspeksi URL


Beberapa status code yang menandakan status artikel atau halaman anda. 

  • HTTP 200. Ini merupakan sebuah respon status yang menandakan artikel atau halaman anda telah sukses di deteksi dan dapat di Indeks oleh Google, dengan kata lain ini adalah respon dimana halaman anda baik baik saja, respon OK. 
  • HTTP 301 respon. Adalah ketika halaman atau artikel anda dideteksi dengan respon dialihkan, bisa saja halaman anda dialihkan oleh suatu sebab termasuk dikarenakan konfigurasi yang anda buat sendiri. 
  • 404 Error. Adalah kode kesalahan yang diakibatkan oleh karena halaman atau artikel anda tidak ditemukan, bisa jadi karena halaman hilang atau di hapus oleh anda atau karena URL yang mengarah pada blog anda salah. 
  • HTTP 5xx error. Adalah kondisi dimana status artikel anda mengalami masalah server, secara garis besar mengalami time out atau tidak merespon. Biasanya hal ini bisa terjadi karena server Google sedang maintenance, atau bisa juga karena anda telah melakukan perubahan terhadap berbagai skema di website anda seperti peta situs. Untuk mengatasi ini diperlukan beberapa tindakan terhadap sumber penyebab nya. 

Namun alat inspeksi URL ini juga mempunyai beberapa kelemahan jika digunakan secara berlebihan serta laporan data yang diberikan mungkin saja bisa berbeda dari keberadaan URL sebenarnya. 

4. Menghapus URL dari pencarian

Setiap halaman atau artikel tentu nya memiliki URL, jika terjadi masalah atau tindakan yang mengharuskan anda menghapus halaman maka anda bisa menggunakan Google Search Console. 

Penghapusan URL dapat dilakukan untuk menghindari masalah SEO yang mungkin akan terjadi jika halaman atau artikel mengalami error, misalnya kode HTTP 404 tidak ditemukan maupun masalah URL yang paling kritis termasuk kode HTTP 500 yang diakibatkan oleh server yang mengalami kendala. 

Untuk tata cara menghapus URL. Buka Google search console, kemudian klik halaman penghapusan. Masukan URL yang ingin anda hapus lalu kirimkan permintaan penghapusan. Jika anda sudah mengajukan penghapusan, maka artikel yang muncul dihasil penelusuran akan hilang selama 90 hari. Kemudian anda hapus secara permanen artikel atau halaman  anda di blogger sehingga mendapatkan informasi HTTP 404.


Penghapusan URL

Anda mempunyai opsi untuk memilih menghapus semua URL beserta semua awalan yang tertaut di dalam nya jika anda memutuskan untuk menghilangkan URL halaman tersebut secara permanen. Dengan begitu Google tidak akan melakukan crawl yang tidak perlu. 


5. Meningkatkan pengalaman pengguna

Suatu blog akan dinilai baik apabila memiliki pengalaman pengunjung yang bagus dan valid. 

Pengalaman pengguna adalah salah satu hal yang bisa anda tingkatkan menggunakan layanan Google search console. Karena pengalaman pengguna bukan hanya bisa membuat pengunjung betah tetapi juga sebagai indikasi bagi Google bot untuk memberikan nilai tambah bagi website tersebut. 

Karena sekarang Google bot alias mesin pencari dapat mengidentifikasi sebuah halaman atau artikel yang baik atau tidak bagi pengunjung. Berdasarkan pada rasio durasi waktu yang dilakukan pengunjung untuk membaca blog anda. 

Google search console memungkinkan anda untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui pengecekan kinerja website. Sebuah website akan dinyatakan baik apabila memiliki laman yang mendukung HTTPs, kecepatan loading yang relatif cepat, dan mempunyai respon HTTP yang baik atau fast respon. 

Google juga mengutamakan pengguna dengan perangkat mobile sehingga pengalaman halaman website yang mobile friendly lebih diutamakan, itu karena 94 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat mobile. Itulah mengapa pada 2019, Google telah menyatakan bahwa crawl telah dia alihkan ke halaman mobile. 

Anda bisa mengecek halaman atau artikel anda mobile friendly atau tidak melalui fitur "User experience" atau pengalaman halaman, "Data web int". Dan The Mobile Usability" Jika dalam data Google search console tersebut menunjukan data kesalahan atau error, maka anda harus segera melakukan inspeksi dan mengidentifikasi apa saja yang membuat masalah ini terjadi. 

Anda harus segera memperbaiki nya segera, karena hal ini akan mempengaruhi SEO secara keseluruhan di hasil pencarian. 

Untuk mengatasi hal ini. Klik Laporan yang menyatakan error, di bagian pengalaman halaman pengguna seluler yang tadi. Halaman yang baik baik saja akan dinyatakan sebagai valid. Sedangkan halaman yang mengalami kendala atau masalah akan dinyatakan sebagai error. 


Pengalaman halaman


Biasanya halaman yang mengalami error bisa saja diakibatkan oleh sistematis template blog anda yang kurang mobile friendly, kesalahan dalam memasukan peta situs atau bisa juga dikarenakan oleh sebuah kesalahan server 500.


6. Mengumpulkan data Kata Kunci Potensial

Setiap pengunjung melakukan pencarian di mesin pencari dan menemukan halaman atau artikel kita sebagai rujukan dari kata kunci yang mereka cari. 

Kata kunci yang mereka ketikan akan menentukan apakah artikel yang anda buat dapat ditampilkan atau tidak dan berapa posisi yang didapatkan dari hasil pencarian tersebut juga tergantung kata kunci. 

Anda dapat melihat sebuah kata kunci (keyword) populer yang di dapat dari website anda melalui halaman tautan di Google search console. 

Tautan Kata Kunci


Halaman ini memungkinkan anda untuk mengetahui apa saja yang kata kunci yang diketik oleh pengguna sehingga dapat menemukan halaman atau artikel anda. 

Anda dapat melihat grafik yang memperlihatkan jajaran kata kunci populer yang mengarah ke website atau blog anda berdasarkan peringkat yang telah dikelompokan. 

Dengan mengetahui apa saja keyword yang populer ini, anda bisa mengoptimalkan nya sebagai rujukan akan artikel yang mau dibuat selanjutnya, serta mengoptimalkan kata kunci yang ada guna mendapatkan lebih banyak pengunjung. 


7. Menambahkan Pengguna

Jika anda mempunyai pengelola tambahan atau memiliki beberapa user yang menggunakan Google search console secara bersama-sama. Anda bisa menambahkan beberapa user yang bisa mengakses akun Google search console kamu. Beberapa user bisa menggunakan sekaligus secara bersamaan, biasanya orang yang melakukan ini adalah blogger yang mempunyai tim ataupun guest post. Cara menambahkan user adalah sebagai berikut :

Menambahkan user 


  • Buka Dashboard Google Search Console
  • Klik menu pengaturan (setting) lalu klik tambahkan pengguna. 
  • Masukan alamat email pengguna baru yang ingin anda tambahkan. 
  • Pilih batasan penggunaan yang akan diterapkan pada user tersebut. 
Pilihan penuh (full permission) ini adalah izin penuh, dengan menerapkan izin ini maka pengguna yang ditambahkan tersebut akan dapat mengakses secara penuh semua fitur yang ada di Google Search Console dalam artian bisa mengubah semua yang ada di akun mu. 
Pilihan terbatas (Restricted permission) adalah izin yang hanya memungkinkan user tambahan untuk mengakses data saja tetapi tidak bisa mengubah, mengedit atau menambah user baru. 
  • Pengguna yang ditambahkan akan mendapatkan e-mail konfirmasi yang berisikan pesan persetujuan antar pengguna. 

8. Memindahkan situs


Jika anda di kemudian hari memutuskan untuk mengganti alamat blog, maka anda bisa menggunakan alat Google Search Console untuk memindahkan situs lama ke situs baru yang akan dituju. 

Jika anda melakukan pergantian alamat situs, anda wajib menggunakan fitur ini untuk memindahkan semua trafik yang ada pada blog sebelumnya, dengan kata lain adalah melakukan migrasi. 

Bukan cuman memindahkan trafik pengunjung blog sebelumnya, blog atau website baru juga perlahan akan mendapatkan manfaat dari blog sebelumnya. Cara memindahkan alamat website adalah sebagai berikut :

Perubahan alamat

  • Buka Google Search Console 
  • Klik halaman menu "setelan" Atau setting
  • Klik halaman "perubahan alamat"
  • Pilih situs baru
Situs baru harus terdaftar Google Search Console. 
Situs baru harus diberikan perintah pengalihan (Redirect 301) di blogger. 
  • Setelah semua sudah siap, dilanjutkan untuk klik pilih situs baru
  • Tambahkan lalu klik validasi
  • Jika berhasil, Maka situs anda akan diverifikasi oleh Google dan akan dialihkan secara perlahan, tunggu hingga 90 hari sampai situs berhasil dialihkan sepenuhnya. 

Kesimpulan :

Demikian penjelasan lengkap mengenai Apa itu Google Search Console serta Cara Menggunakan Google Search Console secara keseluruhan. Tentunya Google search console memiliki banyak manfaat dan pengaruh pada perkembangan blog anda. Dengan Google search console anda bisa mendapatkan data yang tepat dan akurat mengenai data statistik, kinerja, performa, keamanan hingga keterlibatan di hasil pencarian. Jika ditanya apakah Google search console wajib digunakan, maka saya jawab iya. Maka dari itu pastikan blog atau website anda terdaftar di Google search console.


Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader