(Search Console) Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru

(Search Console) Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL Terbaru



Apakah artikel blog anda sulit mendapatkan pengunjung? Apakah artikel anda lama terindex dan muncul di hasil pencarian Google? Masalah ini memang paling sering dialami para Blogger, dimana memang Blog yang masih lemah dan belum begitu populer akan sulit di dukung oleh Google, karena Perayapan Search engine ke situs anda masih lambat.

Memang ada beberapa hal dan penyebab yang memungkinkan Blog kamu lambat di index, misalnya masalah template yang kurang SEO friendly, Faktor internal seperti setting Pengkodean, ataupun masalah tertentu.

Makanya Google khususnya Blogger Blogspot menyediakan fitur bernama search Console yang merupakan alat (tools) untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google, melihat laporan status indeks pada web, perayapan, statistik pengunjung, dan mendeteksi adanya Masalah cakupan index.

Search Console berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian artinya, anda bisa memberi tahu mesin pencari(Submit) artikel artikel blog kalian agar di utamakan untuk Segera di index. Kalian bisa menggunakan salah satu Fitur search Console yakni inspeksi URL.

Inspeksi URL dipergunakan untuk mengecek dan mengetahui laporan artikel anda, muncul atau tidak di hasil pencarian google. Anda bisa meminta Search engine untuk segera mengindex artikel anda supaya segera muncul di hasil pencarian google. Dengan kata lain, Inspeksi URL ini bertujuan untuk memberi tahu mesin pencari bahwa artikel anda telah di terbitkan. Kalian bisa langsung meminta mesin pencari untuk pengindexan.

Berikut Cara Menggunakan Fitur Inspeksi URL

1. Salin dulu URL artikel Blog anda yang ingin di Submit, misalnya artikel yang baru diterbitkan.



2. Buka Search Console anda di web.

3. Klik Menu di bagian pojok kiri atas.


4. Lalu klik Inspeksi URL


5. Copy paste URL artikel kalian.


6. Search Console akan memeriksa status artikel anda, apakah sudah ada di hasil pencarian google atau belum.


7. Jika hasilnya URL tidak ada di Google, berarti artikel kamu belum di ditempatkan atau muncul di hasil pencarian. Kalian bisa meminta Search engine untuk segera artikel anda. Silahkan klik minta pengindexan.


8. Search Console akan menguji artikel apakah bisa langsung di index pada antrean hasil pencarian atau tidak.


9. Jika pengindexan diterima kalian akan mendapatkan pesan sebagai berikut. Artinya index telah di minta dan artikel yang baru saja anda minta index akan di prioritaskan.


10. Jika artikel berhasil di index dan mendapat tempat di hasil pencarian maka anda akan mendapatkan pesan sebagai berikut. Bahwa artikel anda sudah ada di Google. Untuk mengecek nya, silahkan klik Crawl.


11.  Lihat status index, info selengkapnya. Jika Google merespon artikel anda dengan bagus, seharusnya. Respon HTTP OK. Dan sumber daya halaman (Resource) di muat semua. Jika kita melihat dari Contoh gambar berikut, bahwa Resource tidak dimuat semua, artinya ada beberapa item dalam artikel yang masih belum di jangkau oleh mesin pencari, namun seiring berjalan nya waktu lambat laun mesin pencari akan mengenal isi blog mu dan mulai melakukan perayapan pada situs anda.


Kesimpulan & Note

-Fitur Inspeksi URL ini hanya untuk memproritaskan suatu artikel untuk di Submit di hasil pencarian, namun google memiliki algoritma rumit, sebenarnya walaupun tidak di Submit Artikel anda akan di index lama kelamaan. Kalian bisa memilih ingin menggunakan nya atau tidak. Fitur ini sangat disarankan bagi blog yang masih baru.

2 komentar

  1. Tapi sekarang fitur minta pengindeksan tidak bisa lagi mas :) dinonaktifkan entah sementara atau selamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ada beberapa masalah, google menonaktifkan fitur minta pengindexan akibat nya artikel akan di crawl seperti biasa. Tapi katanya sih akan segera diperbaiki

      Hapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader