Cara Mendaftar Facebook Instan Artikel 2021

Cara Mendaftar Facebook Instan Artikel 2021

 


Halo sahabat whaffers? Kali ini saya akan membahas fitur Facebook nih yang ada sangkut-pautnya dengan blogging. Pada tanggal 12 April 2016 yang lalu, Facebook memperkenalkan layanan bernama Facebook instan artikel yang digunakan untuk mempercepat proses loading artikel website hingga 10 kali lipat tapi tanpa keluar dari aplikasi Facebook itu sendiri. Lebih tepat nya ini mirip plugin yang memungkinkan pembaca blog kalian di google, juga bisa membaca melalui platform Facebook.

Apa itu Facebook Instan Article

Facebook instan artikel dengan kata lain adalah produk yang menampilkan isi dari sebuah website atau blog secara interaktif dan cepat kepada user Facebook. Cara kerja Facebook instan artikel adalah layaknya sebuah hosting server, artikel teman teman di google akan bisa ditampilkan di aplikasi Facebook dengan memfilter atau menyortir bagian bagian tertentu dalam website sehingga saat di akses Facebook, kecepatan nya bisa meningkat secara drastis. 

Lalu apa kegunaan atau manfaat dari Facebook instan artikel ini jika diterapkan di website? Apa keuntungan yang didapat dari Facebook instan artikel? Dan apakah akan berpengaruh terhadap SEO? Bagaimana cara mendaftar Facebook instan artikel? Nah, kita akan bahas satu persatu tentang ini. 

Manfaat menggunakan Facebook Instan Article


  • Menjangkau lebih banyak dan mempermudah pembaca website 
Ini adalah satu kelebihan yang bisa anda dapatkan jika mengakses dan menggunakan fitur Facebook instan artikel, selain dapat membuat pembaca dapat dengan mudah mengakses informasi di artikel blog atau web kamu, teman teman juga bisa menjangkau lebih banyak pembaca melalui para user Facebook dan itu menjadi sinyal baik bagi google dan mendeteksi nya sebagai backlink social.


  • Bisa Menghasilkan pendapatan tambahan, karena Facebook instan artikel bisa di monetisasi 

Keuntungan selanjutnya yang jarang orang ketahui adalah bahwa Facebook instan artikel ini berpeluang untuk menghasilkan pendapatan tambahan, karena bisa dimonetisasi dengan kata lain juga menghasilkan income seperti adsense. Dengan menggunakan Iklan khusus yang disediakan oleh layanan Facebook yang disebut Audience network yang mana akan menampilkan jenis dan beragam iklan yang telah dikemas dalam bentuk instan artikel yang kalian publikasikan dan akan tampil sesuai dengan isi konten, sama halnya dengan Google Adsense.


  • Bermanfaat untuk SEO dan menjadikan backlink Facebook
Kita mengetahui bahwa Facebook menjadi salah satu backlink berkualitas tinggi dengan domain authority yang tinggi pula tentunya sangat bagus menjadikan Facebook ini sebagai backlink bagi website kita, terbukti diberbagai layanan atau situs untuk mengecek rank suatu website seperti Moz rank, SEO site checker dan lain sebagainya juga memperhitungkan backlink sosial media sebagai penentu peringkat blog atau website tersebut, begitu pula dengan google. Seharusnya halaman Facebook instan artikel ini memang mengarah ke blog anda walaupun tanpa keluar dari aplikasi Facebook, jika tidak ada perubahan dimasa mendatang.


Syarat mendaftar Facebook instan artikel

Sesuatu hal penting yang lupa saya beritahukan adalah jika teman teman mau mendaftar layanan Facebook yang satu ini, kalian harus mempunyai halaman Facebook, karena artikel website hanya bisa dibuka melalui halaman Facebook, jadi usahakan teman teman memiliki halaman Facebook (Fanspage) blog atau website nya. Berikut penjelasan nya dan apa apa saja yang diperlukan jika mau mendaftar.

  • Fanspage atau halaman Facebook
Kalau ini saya pastikan dan katakan wajib, karena kalian tidak akan bisa mendaftar tanpa fanspage, dikarenakan halaman Facebook ini menjadi media utama. Bisa dikatakan nama lain dari blog sobat. Anggap saja anda pakai hosting di Facebook dan menjadi blogger kedua selain index search engine google. Harus anda ketahui bahwa halaman ini juga bisa di index oleh google dan akan muncul sebagai nama halaman Fanspage yang kalian buat.

  • Membuat RSS feed, API atau Markup untuk mengirim 10 artikel review ke FB
Ketika kita mendaftar, akan diperintahkan untuk mengirimkan 10 artikel produksi melalui URL RSS feed, tautan API atau Markup dengan format Html yang telah ditentukan oleh developer Facebook  untuk blogspot mungkin kalian membutuhkan keahlian web developer yang baik dan mengerti bahasa Inggris untuk memulai membuat ini, jika tidak paham teman teman bisa minta tolong ke blogger lain atau jasa penyedia. Namun berbeda dengan wordpress, layanan Facebook instan artikel ini sangat didukung oleh platform yang satu ini, kalian tinggal instal saja plugin wordpress secara gampang, anda akan mendapatkan alamat RSS baru dengan alamat http://nama-domain-anda/feed/instan-articles


Cara Mendaftar Facebook Instan Artikel 2021




Berikut ini langkah langkah untuk membuat Facebook instant articles dimulai dari awal

1. Daftar 

Untuk mendaftar silahkan temen temen kunjungi situs developer Facebook Instant articles https://business.facebook.com/creatorstudio/?tab=monetization_home&collection_id=all_pagesUntuk contoh, pilih fanspage yang akan didaftarkan (lihat tanda panah merah) lalu siapkan


2. Setujui syarat dan ketentuan

Ada beberapa langkah tugas penyiapan yang harus kamu selesaikan, tinjau dan setujui semua syarat dan ketentuan yang disebutkan sampai tugas bertanda ceklis hijau yang menandakan tugas terselesaikan.


Konfirmasi kan setiap tugas penyiapan sebagai berikut, klik konfirmasi kan yang ada di pojok bawah. Lakukan setiap kali dapat tugas seperti ini.

3. Klaim domain

Langkah selanjutnya adalah mengonfirmasikan alamat website milik kamu
Salin kode tag meta anda yang ada di bagian tanda merah, 

Dan simpan tepat dibawah kode <head> 
Setelah itu claim domain url, masukan nama domain blog kalian disini

4. Konfigurasi gaya artikel (articles style)

Selanjutnya kalian atur gaya penulisan artikel 
Termasuk gaya tulisan font, warna, header dan lain lain. Jika gak mau ribet, konfirmasikan saja ke me default dan klik pojok bawah

5. Masukan dan Kirim data 10 artikel review

Bagi wordpress mungkin ini akan sangat mudah, tapi untuk blogspot, kalian harus membuat sendiri secara manual, contoh yang paling sederhana adalah RSS feed nya. Berikut kode script yang harus anda pasang dan sesuaikan sendiri dengan data blog dan halaman sobat.

<rss version="2.0" xmlns:content="http://purl.org/rss/1.0/modules/content/"> <channel> <title>News Publisher</title> <link>http://www.example.com/</link> <description> Read our awesome news, every day. </description> <language>en-us</language> <lastBuildDate>2014-12-11T04:44:16Z</lastBuildDate> <item> <title>This is an Instant Article</title> <link>http://example.com/article.html</link> <guid>2fd4e1c67a2d28fced849ee1bb76e7391b93eb12</guid> <pubDate>2014-12-11T04:44:16Z</pubDate> <author>Mr. Author</author> <description>This is my first Instant Article. How awesome is this?</description> <content:encoded> <!doctype html> <html lang="en" prefix="op: http://media.facebook.com/op#"> <head> <meta charset="utf-8"> <link rel="canonical" href="http://example.com/article.html"> <meta property="op:markup_version" content="v1.0"> </head> <body> <article> <header> <!— Article header goes here --> </header> <!— Article body goes here --> <footer> <!— Article footer goes here --> </footer> </article> </body> </html> </content:encoded> </item> </channel> </rss>


Jika sudah siap dengan URL plugin wordpress ataupun URL Feed RSS blogspot nya, klik tambahkan (Add)
Lalu tambahkan alamat URL nya (add articles)
Masukan URL ditempatkan dibagian yang diberi tanda merah, lalu klik simpan dan selanjutnya


Problem : jika terjadi "An error occurred" itu berarti ada kesalahan di Feed RSS nya, ini sering terjadi di blogspot. Benahi lagi mungkin ada kesalahan penempatan kode javascript.


6. Siapkan pembayaran

Langkah terakhir adalah menyiapkan rekening pembayaran
Konfirmasi kan 
Lalu tautkan rekening bank apa yang ingin kamu gunakan untuk menerima pembayaran dari hasil monetisasi Facebook instant articles. Kamu masukan data rekening dan kode SWIFT bank nya. Jika tidak tau silahkan cari di google kode Swift spasi nama bank.


Penutup :

Begitulah cara untuk mendaftar Facebook instant articles terbaru 2021, bagi yang belum paham bisa anda tanyakan di kolom komentar, jika ada ketidakcocokan informasi juga silahkan sampaikan, karena kami akan merevisinya seiring dengan perkembangan dan waktu. 

7 komentar

  1. Punyaku eror di rss.. cara fixnya gimana y

    BalasHapus
    Balasan
    1. JavaScript nya, kalau blogspot emang susah seperti gak support gitu

      Hapus
  2. yg point 5, scripts nya ditaruh dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang RSS Feed nya sudah dihilangkan Google, gak tau jadinya gimana

      Hapus
    2. Memang banyak sih yang bikin artikel mengenai cara daftar instant article facebook, namun kebanyakan hanya berfokus ke pendaftaran wordpress saja, blogger seakan diabaikan.. seperti halnya masalah "An error occurred" saat add rss feed blogger, tak ada yang tau pasti cara mengatasinya.. sampai sekarang saya masih berkelana mencari tutorial tersebut sampai saya mampir disini...

      btw, keren juga templatenya, dulu pernah liat template goizen ini, cakep dan simple..

      Hapus
    3. Jadi gmna bro? udah ada solusi?

      Hapus
    4. Kasus nya hampir mirip dengan ketika mendaftar blog ke Google news, kita membutuhkan RSS feed. Untuk blogspot memang bisa buat secara manual menggunakan feedburner, disitu silahkan kostumisasi lagi feedburner nya dan active kan headline animator dan segala fiturnya, khusus nya boztbuzz supaya nanti bisa cocok atau ke deteksi

      Hapus

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader