Ini Dia 5 Freelance Online Terbaik Yang Patut Anda Coba

Ini Dia 5 Freelance Online Terbaik Yang Patut Anda Coba

Pengertian freelance atau tenaga lepas adalah seseorang yang bekerja sendiri, tidak terikat jam kerja, dan biasanya memiliki keahlian tertentu. Ya, kita hanya mengulang kata dan mengingatkan kembali wkwk. 

Kita akan bahas lebih rinci maksudnya apa supaya teman teman tidak gagal paham. Jadi freelancer ini banyak keuntungan nya gaes bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keterampilan. 
Pastinya semua memiliki minat, hobi dan kelebihan masing masing kan? Nah, dari celah itulah kita bisa membuka usaha, mendirikan dan mengembangkan dengan berbekal keahlian sob. Inilah beberapa keuntungan menjadi freelancer.
Freelance

Keuntungan Freelancer

Bebas Bekerja

Tentu saja freelancer mempunyai kebebasan kerja, namanya juga kerja bebas coy tentu saja sebagai freelancer, teman teman bebas bekerja dari mana saja dan di mana saja. 
Apalagi di era canggih, modern, digital dan serba online ini, Banyak yang bisa dilakukan di dunia internet, bahkan di era internet yang serba online ini teman teman bisa mendapatkan penghasilan. Pekerjaan nya pun dapat bervariasi hanya diperlukan sedikit petunjuk dan pengarahan saja dari kita para influencer. 

Tidak Terikat Waktu

Pengertian freelance adalah pekerja lepas, tentu saja salah satu keuntungan utama menjadi freelancer adalah tidak terikat waktu kerja karena kamu lah yang mengatur semuanya kapan harus bekerja, kapan harus memulai dikarenakan pekerjaan dinilai bukan dari kehadiran, namun dari hasilnya. 
Jadi, pekerjaan ini sangatlah cocok bagi orang yang memiliki kendala waktu atau lokasi, bisa juga untuk orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap karena sulit nya mencari pekerjaan di luar sana. 

Melakukan Hobi dan Dibayar

Nah, ini dia kata kunci utamanya gaes, menjalankan hobi dan dibayar! Jadi gini penjelasanya teman teman, kebanyakan rata rata orang yang menjadi freelancer dan berhasil mendapatkan uang darinya itu, rata rata berasal dari hobi. 

Freelance Online adalah

Freelance online adalah pekerjaan freelance yang di lakukan di dalam dunia maya. 
Secara garis besar memang dilakukan menggunakan software atau internet untuk menjalankan nya. 
Freelance di dalam dunia online memang cukup beragam, dengan potensi pendapatan yang bervariasi. 
Berikut

5 Freelance Online Terbaik

Yang bisa anda cintai ba

1. Blogger, Ahli SEO, Designer Web



Di urutan pertama kita tempatkan blogger, ahli seo dan designer web





Blogger


Yap, blogger menjadi salah satu pilihan yang bagus menurut saya karena ramah biaya, ramah di kantong. Alasanya? Jadi menurut saya gini, Kan mayoritas hampir semua orang punya android atau minimal perangkat untuk akses internet lah bahkan untuk mengunjungi blog ini juga memerlukan HP android bukan? 

Jadi disini sesuai judul mengusung tema hemat biaya kan? dan blogger inilah yang paling sedikit dalam hal pengeluaran duit menurut saya. 

Dikarenakan menjadi blogger ini paling tidak hanya memerlukan HP android dan kuota saja untuk bisa mengakses nya. Selanjutnya hanya diperlukan minat, hobi, dan kemampuan keterampilan menulis di atas sebuah layar. 

Ya iyalah saya merekomendasikan blogging orang saya hobinya ini wkwkw. Mungkin ini jadi alasan mengapa saya tempatkan blogger di posisi pertama. Namun tahukan kalian bahwa blogging bukan cuman membuat tulisan, artikel atau bahan membagikan informasi semata. 

Blogging merupakan aktivitas seniman menurut saya dan membuat kepuasan tersendiri ketika selesai menulis,  jika teman teman berminat menjadi blogger cukup catat saja itulah kuncinya jadi supaya kalian suka harus enjoy yourself terlebih dahulu dan ini berlaku disetiap bisnis freelancer yang teman teman lakukan. Bahkan blogging bisa dikerjakan sambil ngopi sob. 

Jadi gimana nih langkah supaya dapat uang dari pekerjaan freelancer blogger ini?

Saya disini akan menjelaskannya secara konsep pribadi dan bertahap bukan ke inti. Karena untuk memahami nya dibutuhkan tulisan yang panjang. Untuk memahami lebih mendalam silahkan search info lainya. Oke gaes kita bahas langkah langkah pokok nya. 



1. Pertama tama, teman teman harus mengerti, memahami dulu apa itu blogger. 

2. Mulai membuat blog pertama anda, tentukan nama, konsep isi blog, secara matang. 

3. Hal pertama yang anda alami pasti akan susah mencari viewer atau pengunjung blog karena blog masih muda dan isi nya baru sedikit. 

4. Lama kelamaan anda akan memahami apa itu arti mengoptimalkan mesin pencari atau search engine optimision (SEO). 

5. Berkat Konsistensi anda dalam membuat artikel secara bertahap akhirnya mendapatkan viewer juga berkat ada salah satu artikel anda yang blow up atau naik di pencarian google. 

6. Anda sudah mempunyai banyak artikel hingga puluhan setelah beberapa tahun terakhir. Anda mendapatkan 1.000 view perhari dan anda mulai mendaftar kan blog ke Google AdSense. 

7. Anda di tolak berkali-kali oleh google AdSense dengan berbagai alasan, namun setelah mencoba memperbaiki dan mengulang nya berkali kali akhirnya blog anda diterima Google AdSense. 

8. Anda terkejut bahwa penghasilan di AdSense tidak sebesar yang di kira namun ini tetap potensial dan bisa memperoleh lebih besar. 

9. Lama kelamaan anda akan sangat paham dengan arti penting optimasi seo, pengkodean JavaScript, template blog dan elemen lainya. Serta mulai menyadari ada potensi lain selain menulis. 

10. Blog anda sudah ramai di kunjungi, mendapatkan banyak viewer serta pendapatan yang lumayan. Tak disangka yang tadinya hanya menulis berubah jadi pundi pundi rupiah dan ini akan terus mengalir selama blog di kunjungi viewer. 

Jadi begitulah kira kira langkah atau tahap menjalankan blog yang sebenarnya merupakan gambaran progres dari pengalaman pribadi. Dan sebetulnya saya hanya baru mencapai level 7 wkwk. Tapi saya yakin teman teman mampu mencapai level 10 deh. 



Ahli SEO


Apa itu SEO? Kalian harus mengerti bahwa seo adalah kemampuan atau skill seseorang yang berhubungan dengan blogger, bisa dikatakan kemampuan ini bisa didapatkan dibarengi saat anda menjadi blogger

Seo merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang mengartikan hal dalam pengoptimalan sebuah blog dapat berupa struktur, template, isi dan keseluruhan nya dan bagaimana pengaruh nya terhadap mesin pencari (search engine), itulah yang disebut seo. Bisa dikatakan seo adalah bagaimana blog teman teman di optimalkan secara keseluruhan. 

Dalam dunia blogging sering kita mendengar kata SEO friendly, terus artinya apa? Ya itu merupakan standarisasi bahwa struktur blog kalian bersahabat dengan mesin pencari, dampaknya tentu saja akan baik jika blog anda struktur nya SEO Friendly, seperti artikel cepat di indeks, lebih berpotensi menduduki peringkat pertama, berpengaruh terhadap trafik, pokoknya secara istilah bersahabat baik lah dengan mesin pencari dan pastinya sebagai sahabat lebih di utamakan sob. Seperti itulah kira kira umpamanya. Lalu hubungan nya dengan pekerjaan freelancer? 



Nah, SEO ini bisa di jadikan jasa untuk mendapatkan duit. Sama halnya dengan jasa reparasi, teman teman bisa menjadi atau membuka jasa optimasi SEO kepada blogger lain coy. Banyak sekali jasa seperti ini dimana mana dan cukup menguntungkan jika kalian mempunyai keahlian ini, apalagi jika teman teman blogger yang punya blog tentunya tinggal pasang iklan banner jasa. 

Tak jarang ada juga yang menawarkan jasa optimasi dengan harga yang tinggi dari 90rb hingga 8 juta serta jaminan garansi mendapatkan posisi pertama di google untuk kata kunci tertentu. Entah bagaimana mana para ahli SEO ini melakukan nya tapi pastilah mereka sangat profesional bahkan banyak blog khusus yang menjual jasa optimasi seo yang bekerja bersama tim tim khusus. 

Salah satu contohnya garuda.website blog jasa SEO berbagai pilihan harga dengan berbagai tawaran dan jasa tim work. Namun harga jangan ditanya ya cek aja sendiri, Ini bisa menjadi inspirasi anda jika ingin membuka jasa SEO blog bersama rekan rekan anda. 

Fastwork app

Atau jika mau yang lebih simpel ada pula aplikasi fastwork yang menyediakan khusus jasa jasa freelancer termasuk Jasa Optimasi SEO, harganya pun bervariasi. Namun, bukan hanya membeli paket jasa SEO, teman teman juga bisa mendaftar menjadi pelapak freelancer disana dengan mudah tanpa ribet. 

Jika anda sudah memiliki keahlian ini tidak ada salahnya mencoba mendaftar di aplikasi lapak freelancer bernama fastwork ini, siapa tau kan jadi solusi sobat semua. 

Ya, begitulah kira kira gambaran untuk mendapatkan uang dari keahlian SEO, saya tidak merincikan langkah langkah (progres) pada level ini karena progres nya ada pada tahap ketika Anda belajar blogger (progres 1) secara freelancer ini memang freelancer gan wkwk. Lanjut ke level berikut nya!


Web Designer


Lanjut ke level berikutnya yaitu designer web. Wah siapapun yang bisa sampe jadi designer web pasti jago deh, sudah ada kombinasi blogger, ahli seo, mengerti semua pengkodean JavaScript, template blog dan lain lain hingga bisa membuat template blog sendiri! Mungkin bisa saja jadi web designer. 

Orang dengan kemampuan ini tentunya ada pada level keahlian tertinggi dalam dunia blogging bahkan saya pun tak bisa memberikan kata kata lagi wkwk. 

Banyak layanan yang menawarkan jasa pembuatan blog profesional, domain, dan template nya dibuat sendiri oleh web designer tersebut. Salah satu contohnya orang yang paling berpengaruh dalam dunia blogging di Indonesia yaitu mas sugeng dengan website nya sugeng.id. Dia adalah seorang blogger profesional, kreator template, dan master SEO paling senior di Indonesia digadang gadang mas sugeng ini adalah salah satu blogger Tersukses dan penghasilan nya pun bukan kaleng kaleng. 



Ya tentu saja bisa dikatakan dia adalah Web designer karena juga menjual template template blog yang SEO friendly, pagespeed tinggi, terbaik lah pokoknya bahkan template yang sedang saya pakai di blog ini juga buatan mas sugeng. Begitulah kira kira contoh nya seorang web designer. 

Saya tidak bisa menyebutkan langkah lebih rinci bagaimana menjadi web designer yang benar namun saya dapat memberi gambaran bahwa cara mendapatkan pekerjaan freelancer dari menjadi desainer web bisa dilakukan dengan cara membuat jasa pembuatan website, membuat template yang unggul dan menjual nya seperti mas sugeng, atau bahkan jasa reparasi struktur blog dan sebagainya. 



2. Olshop ( Online Shop) 


kita sekarang ganti topik gaes! Di posisi kedua saya tempatkan olshop sebagai salah satu freelance terbaik. 


Bagi teman teman yang suka berbelanja pasti tidak asing lagi dengan yang namanya olshop. 

Olshop merupakan singkatan dari online shop yaitu sebuah nama yang diambil dari kata perbelanjaan, dapat diartikan sebagai kata lain dari berbelanja secara online via internet. 

Dan online shop ini erat kaitannya dengan toko online, bisa dikatakan bahwa toko seperti shoppe, lazada, bukalapak, tokopedia merupakan toko online untuk berbelanja secara online shop. Begitulah kira kira makna nya sob.

Dan pemilik nya disebut sebagai owner olshop. 
Nah, bagi teman teman yang suka dengan dunia perbelanjaan apalagi yang suka jajan shopping, tidak ada salah nya mencoba bisnis menjadi owner olshop ini, dengan kata lain menjadi penjual dan mendirikan toko online anda sendiri. 

Atau bahkan teman teman juga bisa mendirikan toko online besar dan menjadi lapak atau tempat menampung para pelapak, tentu tidak ada yang tau mungkin saja sobat yang membaca artikel ini menjadi saingan kompetitor Bukalapak mungkin bahkan alibaba group? Hehe teruslah berimajinasi wkwk. 

Namun, hal ini bukanlah sesuatu hal yang tidak mungkin. Teman teman bisa saja membuka bisnis kecil kecilan terlebih dahulu, membuka olshop kecil dan berdagang dengan menjual produk anda sendiri! Nah, kalau itu mah mudah sob. Kebetulan inilah topik yang kita bahas kali ini, anggap saja olshop mini lah. 

Langkah langkah membuat olshop, sebelum itu teman teman harus mengenal terlebih dahulu beberapa istilah penting dan pengelompokan metode owner olshop berikut ini. 

Anda harus tau arti! 

Supplier merupakan penyuplai barang dalam jumlah besar, ketersediaan barang (stock) utama biasanya ada di supplier. Supplier bisa berupa seseorang yang menyediakan stock atau bahkan toko ternama serta distributor. 

Reseller adalah orang yang menjual kembali barang atau produk dari pihak supplier kepada pembeli (konsumen). Biasanya reseller ini hanya menjual kembali bukan bagian dari supplier, bisa disebut juga sebagai pengecer. Seorang reseller biasanya harus mengeluarkan modal sendiri serta membeli produk langsung kepada supplier untuk menyetok ketersediaan barang. 

Dropshiper merupakan orang yang menjual kembali produk atau barang dari supplier kepada pembeli. Sama halnya dengan reseller, namun dropshiper tidak mempunyai stock barang tapi hanya memunculkan atau menjual informasi dari suatu produk tersebut, yang tentunya berasal dari supplier. Reseller dan dropshiper hampir sama. 


Jadi gitu sob, saya yakin teman teman pasti sudah paham. Pada dasarnya kalian disini bisa berbisnis freelance dengan menjadi reseller atau bahkan sekaligus dropshiper. Bagi sobat yang sudah mempunyai toko offline pasti sangatlah mudah beradaptasi hanya tinggal mengubahnya menjadi toko online. 

Sedangkan bagi yang ingin baru memulai dari nol, tentunya harus lebih berusaha keras lagi untuk memahami pekerjaan ini. 

Teman teman harus menemukan supplier yang cocok dari mana? Bisa berupa toko online raksasa, atau penyuplai barang langka yang diburu misalnya! Pasti akan jadi peluang besar. 

Namun, poin yang paling penting disini adalah bagaimana cara anda membuat olshop (toko online) yang baik, mudah diakses, tepat, dan akurat? Nah, disini saya akan gambarkan langkah langkah nya. 

1. Yang pertama. Jika teman teman sudah menentukan supplier nya, lanjutkan buat olshop nya di awali dengan membuat toko online

2. Tentukan nama toko online, siapkan halaman di Facebook dan membuat situs web toko kalian. Saya juga mencoba membuat toko online baru baru ini namanya digistore wkwk. 

Notes:
Kenapa di Facebook? 
Jadi gini, di Facebook itu kan banyak marketplace, semacam tempat berjualan (grup). Teman teman bisa membuat akun Facebook dengan nama toko online kalian dan buat juga halaman nya supaya bisa sekalian promosi pake iklan Facebook prabayar. 

Berikut contoh halaman Facebook toko online saya Digistore fanspage

Kenapa situs web? 
Rata rata toko online ternama punya situs web kan? Karena mudah di akses apalagi sambil di render mesin pencari google, jadi produk yang Anda jual keterlibatan nya jadi lebih tinggi dan potensi barang laku juga besar, namun itu semua tergantung pengelolaan dan usaha anda. 


3. Toko online di Facebook dan situs website itu merupakan dasar menurut saya, sedangkan bagi yang kuat sekalian bisa buat aplikasi nya sekalian sama seperti shoppe atau lazada wkwk. Nanti saja lah ya, bagi pemula fokus saja dulu ke bagian optimasi dan pengembangan di situs web dan promosi Facebook. 

4. Dengan begitu toko online anda akan dikenal dan jika pelanggan atau konsumen sudah percaya maka akan memberikan nilai plus kepada toko online anda, raihlah nama, populerkan toko online anda. Itulah kuncinya. 


Nah, seperti itu temen temen tips menjadi freelance di bidang olshop! Next, Bidang berikut nya! 



3. YouTuber


Ini dia pekerjaan freelance yang paling keren, terkece, terkeren, tersuper, tersulit gaes! This is YouTuber! Yak, siapa yang tidak kenal dengan youtube, salah satu situs aplikasi paling populer hampir sama dengan Google search ini menjadi primadona, pasalnya banyak contoh orang yang sukses dari YouTuber ini. 


Contoh nya banyak! Dan dari berbagai genre channel seperti di dunia hiburan dan artis Atta halilintar, ria ricis, edhozel. Di genre musik misalnya alip_ba_ta, nathan fingerstyle bahkan sampai genre game seperti miauw aug, piediedie dan lain lain. 

Bukan tanpa alasan dan usaha menjadi sukses di bidang YouTuber, hanya saja rata rata yang bisa sukses dengan mudah di youtube itu dominan nya para artis, tokoh publik serta orang orang dengan keahlian unik dan berbeda. 

YouTuber adalah salah satu yang tersulit menurut saya karena susah nya mencari penonton dan algoritma yang menyusahkan perintis baru untuk mendapatkan penghasilan, apalagi jika konten anda biasa biasa saja. 

Saya contohnya, sudah 3 tahun menjadi YouTuber dari 2017 dan hanya memiliki 23 video, tidak ada satupun yang booming nama channel nya Raden muhamad idris, belum mendapatkan sedikit pun rupiah dari YouTube, mungkin juga sih karena jarang upload dan tidak terlalu fokus ke sana, sebab kalian harus punya skill editing video, pengolahan suara, editing gambar dan skill fisik untuk menarik minat penonton. 


YouTuber is hard

Namun, setelah beberapa dekade ini saya menyadari bahwasanya untuk menjadi YouTuber yang sukses harus mempunyai konsistensi yang tinggi dalam membuat video secara terjadwal hingga kalian dikenal dan memiliki nama besar sebagai YouTuber. 

Nama besar di sini yang saya maksud adalah subscriber karena subscriber itu mencerminkan tingkat minat, kepercayaan, dan ketertarikan yang tinggi kepada channel youtube kalian dan menjadi penentu tingkat kesuksesan nya. 

Tidak banyak yang bisa saya jelaskan mengenai YouTuber ini yang pasti teman teman harus catat bahwa untuk mendapatkan uang dari hasil YouTuber perlu kesabaran ekstra dan konsisten, anggap saja ini lebih dari blogger, lebih dari olshop sulitnya mendapatkan kepercayaan penonton tergambar jelas di channel buluk saya wkwk. 

Namun, menurut beberapa sumber yang saya peroleh, teman teman harus menjalankan tips berikut jika berminat menjadi YouTuber. 

1. Yang pertama, teman teman harus membuat channel yang membahas satu topik, misalnya musik pastilah membahas yang berhubungan dengan musik serta hiburan, stand up, fakta unik semua harus nyambung. Dengan kata lain berfokus pada satu topik, supaya gini gan. Kata orang "nah, ini nih channel musik gitar terbaik bro! Suaranya bagus bagus" Jadi mudah dikenal kan? 

2. Upload konten yang sedang populer apalagi jika konten tersebut berhubungan dengan topik channel sobat. Misalnya tentang tentang kartu prakerja sedang booming nih! Ya buat video tutorial tentang itu semua. 

3.Supaya konten youtube kamu bisa di monetasi (mendapatkan uang) serta di daftar kan iklan google AdSense! Channel anda harus mencapai minimal 4000 jam tayang dan paling sedikit 1rb subscriber, berapapun video nya kalau sudah mencapai target segitu bisa daftar google AdSense, menyisipkan iklan di video dan mulai mendapatkan uang. 



4. Designer Grafis



  
Skuy kita lanjut ke pekerjaan freelance selanjutnya. Perkenalkan designer grafis! 

Pekerjaan yang satu ini disebut juga perancang grafis merupakan profesi seseorang yang memiliki keahlian dalam proses penciptaan ilustrasi, gambar, tipografi, fotografi atau grafis motion. Seperti namanya desainer grafis adalah keahlian yang berhubungan dengan gambar (grafis) secara virtual. 


Biasanya seorang desainer grafis menciptakan karya seni gambar ilustrasi, ataupun menciptakan karya untuk penerbit, media cetak, dan elektronik seperti brosur dan mengiklankan produk. 

Begitu banyak sekali ruang lingkup pekerjaan desainer grafis, itu artinya banyak lowongan yang tersedia untuk pekerjaan yang satu ini, ruang lingkup nya mencakup industri pendidikan, jurnalisme, percetakan hingga bidang konstruksi yang terkenal seperti contoh nya pada penggunaan software autocad terhadap pembangunan. 

Namun, kita tidak bisa membahas semua itu. Saya disini akan merekomendasikan desainer grafis yang simple, hemat biaya, tingkat kesulitan sedang namun memiliki harga jual jasa yang potensial. 

Dari berbagai jenis pekerjaan dan ruang lingkup designer grafis yang saya telusuri, saya menemukan pekerjaan yang cukup menyenangkan dan bisa menjadi hobi! Vector art jawabanya sob! 

Apa sih vector art itu? Vector merupakan seni menggambar yang dibentuk dari sejumlah garis dan kurva. Sama halnya dengan melukis atau menggambar di buku hanya saja teman teman disini menggambar di layar gadget. 

Banyak jasa pembuatan vector dengan harga yang bervariasi dari mulai 15rb hingga ratusan ribu. 

Untuk menggambar vector diperlukan keahlian sedang karena mudah di pelajari, namun kualitas gambar lah yang menentukan harga suatu vector,  pastinya keahlian teman teman akan menyesuaikan seiring waktu jika terus belajar menggambar. 




Omset yang bisa didapatkan dari jasa pembuatan vector cukup lumayan gaes apalagi menggambar ini tidak memerlukan biaya sama sekali alis gratis, hanya diperlukan keterampilan tangan saja.  Berikut contoh ketika pembuatan vector! Menggunakan aplikasi Infinite design di android. 



Menggambar di infinite design menggunakan nodes nodes atau titik tertentu untuk membuat sketsa rambut dari contoh gambar diatas dan warna bisa disesuaikan atau diatur. Begitupun dengan wajah dan bagian tubuh lainya, teman teman harus bisa menyesuaikan warna, nodes, dan struktur lainya untuk menciptakan gambar yang wah! Dan bernilai. 

Untuk kelanjutan nya tidak ada ya gaes karena guah kagak bisa buat vector wkwk.  

Mulai belajar vector dan jiplak gambar muka sendiri biar greget coy



Lalu bagaimana sistem penjualan gambar vector ini? Jadi gini gaes, teman teman misalnya sudah bisa membuat vector, ya anda tinggal open order lah, bisa promosi open order jasa pembuatan vector misalkan, share di Facebook media sosial ataupun apapun lah. 

Biasanya banyak permintaan menggambar wajah mereka baik jelek atau ganteng ya gambar aja gan, Terima order nya dan patok harganya! Is simple coy. 

Nah, berhubung saya lagi males nulis kelanjutannya mendingan elu pada order aja dah ke guah gambar vector. Silahkan order dan kirimkan wajah kalian ke nomor WA berikut 083821045573 cuman 30rb aja kok saya jamin gambar vector nya akan bagus dibuat hingga 12 jam non stop dan berikut sample hasil gambar nya sob! Muka gua ya ini hehe


Apa yang membuat pengerjaan nya begitu lama dan susah? Adalah menentukan perspektif cahaya, gelap, terang, gestur dan efek seperti 3D itu! Merupakan hal yang sangat merepotkan dan sulit. Jujur saja 100rb adalah harga yang masuk akal tapi saya hanya mematok 30rb untuk sekarang, ya untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan terlebih dahulu, anggap saja promo open order. 

Tunggu tunggu ✋kenapa malah saya yang jualan ya wkwwk saya juga tidak tau baca ajalah gak usah protes. 



5. Influencer


Influencer selalu dikaitkan dengan seseorang yang mempunyai banyak follower di media sosial seperti artis, aktor oleh karena itu lah banyak yang menggandeng para artis untuk merekomendasikan produk seperti di TV misalnya ronaldo dengan iklan sabun bolong nya dan sebagainya wkwk. Mereka bisa dikatakan influencer ya karena memiliki pengaruh namun dengan konteks yang disebabkan oleh terkenal. 



Ya memang seorang artis sangat mudah menjadi influencer marketing karena kepopulerannya akan tetapi konsep influencer yang kita tuju saat ini berbeda dengan promotor selebritas. 

Seorang influencer haruslah orang yang benar benar paham betul dan mengerti dalam bidang produk yang dipasarkan (berhubungan) berbeda dengan selebritas memang terkenal dan selalu muncul di TV, jangkauan luas, namun rata rata tidak semua pengikutnya loyal mengikuti produk yang di iklankan nya, misalkan. 

Influencer adalah yang kita bahas di sini yakni orang yang terpercaya, memiliki pengetahuan, dan berpengalaman di bidang nya dengan kata lain influencer seperti ini yang menjadi panutan audiens karena percaya akan kemampuan bidang nya. 

Misalnya begini gaes, ada seorang influencer yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman lengkap mengenai cara memasak, chef misalkan. Ia berbagi tips seputar memasak, berbagai resep makanan dan cara pengolahan nya di YouTube atau blog nya. 

Tentunya follower yang mengikuti nya pastilah memiliki minat yang sama yaitu memasak. Sehingga jika ia mengiklankan sebuah produk dengan kata lain mendapatkan endors maka kemungkinan besar para audiens akan mengikuti nya dan membeli produk yang di iklankan nya. 

Secara sederhana, influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat. Mereka bisa merupakan selebritis, blogger, youtuber, ataupun seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu. 

Umumnya, seorang influencer memiliki jutaan pengikut (follower) di media sosial. Namun, tidak selalu demikian. Seseorang dengan follower ribuan juga bisa disebut influencer jika punya pengaruh besar kepada audience. 

Ya, sesuai namanya, pengaruh adalah kekuatan seorang influencer, banyak pemilik bisnis yang menggandeng influencer untuk mempromosikan produk berkat pengaruh yang luar biasa tersebut.  

 Inilah yang kemudian dikenal dengan influencer marketing. Influencer marketing merupakan salah satu  strategi pemasaran di mana perusahaan mengajak seorang influencer bekerja sama  untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan sesuai dengan target pasar yang ditentukan.


Lalu hubungan freelancer dan influencer yang dimaksud? Sudah jelas ya teman teman bahwa tingkat keberhasilan pekerjaan freelance akan menjadi besar jika ada kombinasi dengan influencer. 

Dengan kata lain jika pengaruh anda kuat makan pekerjaan semacam blogger, youtube, olshop, bahkan designer web akan..... Jawabanya silahkan baca lagi ke atas wkwkwk. 


Kesimpulan :

Jadi itulah artikel panjang mengenai pekerjaan freelance online terbaik menurut whaffers, harus anda ingat bahwa ini hanyalah opini dan mungkin tidak tidak akurat dan akan berubah di lain hari, tapi freelance ini benar benar pekerjaan yang bebas semau mu. 



Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader