Cara Mendaftar Google Play Console Untuk Jadi Developer Aplikasi Android

Cara Mendaftar Google Play Console Untuk Jadi Developer Aplikasi Android

 Berminat kah teman teman menjadi pengembang aplikasi google? Membuat aplikasi dan mempublikasikan nya ke Playstore? Anda ada pada artikel yang tepat, kali ini saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana cara mendaftar menjadi pengembang aplikasi google play.

Sebelum itu mari kita mengenal dulu maksud dari pengembang google play itu. Jadi gini, setiap aplikasi android maupun iPhone itu ada pembuat nya, dan pembuat itulah yang disebut Developer (pengembang aplikasi). Dan untuk contoh kasus ini kita akan membahas tentang pengembang google play (google developer) dan bagaimana cara pendaftaran nya.

Supaya kita bisa mengupload aplikasi di Playstore kita harus mempunyai akun yang bernama Google play console. Nah, layanan atau tools software inilah yang teman teman butuhkan untuk menjadi sang google developer. Namun, tahap pembuatan akun google play console ini memerlukan biaya pendaftaran sebesar 25 USD. Dan memerlukan sedikit step, langkah dan arahan yang tentunya akan saya jelaskan dalam artikel ini.

Memang tidak lah mudah membuat aplikasi sekelas android, namun seiring dengan perkembangan teknologi, informasi, dan berbagai Console kreator aplikasi, kita bisa dengan bertahap mempelajari coding, dan semacamnya bahkan ada juga aplikasi khusus yang dibuat untuk merancang dan memprogram aplikasi secara instan dan gratis, tak heran banyak sekali aplikasi yang bertebaran di Playstore.

Lalu untuk apa membuat aplikasi ke Playstore, tujuan dan bagaimana kita mendapatkan uang dari hasil publikasi aplikasi android ini? Jadi gini sob, ada beberapa alasan utama yang mungkin sudah Anda ketahui sebelum berpikir untuk membuat aplikasi. 

Yang pertama kalian bisa menambahkan atau memasang iklan admob di aplikasi, ini menjadi salah satu cara pertama alasan publish aplikasi, selain itu juga anda bisa membuat aplikasi jualan, aplikasi bisnis, gaya hidup dan berbagai kategori yang potensial tentunya sesuai kreativitas anda.

Kita tidak akan menjelaskan lebih detai lagi, tapi itulah gambaran nya, mari kita ulas saja topik utamanya untuk cara menjadi pengembang aplikasi google play developer. Sebelum itu teman teman harus garis bawahi beberapa persiapan penting, berikut saya terangkan.


Persiapan sebelum mendaftar Google Play Console Developer



1. Mempunyai Kartu kredit, debit, Virtual Card Credit (VCC), atau Virtual card network (VCN)

Nah, ini dia yang paling susuh dicari karena hanya orang pebisnis saja dan yang sudah penghasilan yang mempunyai kartu kredit, masalah utama nya adalah disini bagi kalian yang belum memenuhi syarat pembuatan kartu kredit. Namun teman teman tetap bisa memilih berbagai metode pembayaran terkait seperti VCC,VCN atau debit yang bisa di akali tentunya.

Seperti yang kita ketahui syarat pembuatan kartu kredit itu berat hampir di seluruh bank, namun saya kasih bocoran nih bagi yang mau mendaftar Google play console tanpa kartu kredit, berikut solusinya.

  • Membeli Virtual card Credit, ada beberapa orang yang menjual layanan kartu kredit sekali pakai, setelah menelusuri lebih lanjut saya menemukan toko online yang menjual alat pembayaran ini, silahkan beli disini, kelebihan membeli VCC dengan cara ini adalah proses instan tanpa perlu mondar mandir.
  • Membuat akun jenius dari bank BTPN, selain membeli Virtual Card Credit, kalian juga bisa memiliki nya secara langsung melalui aplikasi akun Jenius, namun untuk melakukan ini Anda perlu aktivasi dengan melakukan video call dan memberikan informasi KTP serta dokumen pendukung seperti passport, NPWP, atau SIM. Nah, sedikit bocoran kalian tidak akan lolos aktivasi akun jika tidak memiliki dokumen tambahan, jika tidak kunjung lolos verifikasi anda bisa datang ke cabang Bank BTPN, disana anda bisa aktivasi akun jenius hanya dengan KTP dan anda langsung bisa membeli VCC secara berulang bahkan memiliki kartu kredit pribadi.
  • Membuat Rekening Bank BNI, para pengguna BNI mengatakan bahwa beberapa tahun lalu ada layanan pembuatan VCN sekali bayar, dan ini bisa digunakan untuk pembayaran ke Google Play Console, namun belum ada update terbaru apakah masih berlaku atau tidak layanan BNI ini, coba tanyakan saya ke kantor cabang nya terlebih dahulu.
  • Cara terakhir, jika anda males melakukan semua itu teman teman bisa mengupload aplikasi kalian dengan jasa upload aplikasi ke Playstore, banyak sekali jasa seperti ini dan berbagai varian harga tentunya lebih murah, namun terdapat banyak kelemahan yang tidak bisa saya sebutkan sekarang wkwk, silahkan pilih sendiri, saya hanya memberi saran, yang melakukan action adalah diri anda sendiri.
Opsional : Jika kalian gak mau ribet untuk mendaftar Google play console, teman teman bisa mengupload aplikasi Android kalian melalui jasa kami, silahkan klik link berikut Jasa Upload Aplikasi Ke Playstore. Hanya mengirimkan data aplikasi saja dan biarkan kami yang mengurus semua perizinan dan mengurus semua hal rumit seperti database aplikasi.

2. Sudah membuat dan mempunyai aplikasi

  • Punya file Apk. Ya iyalah sebelum nya kalian harus sudah punya aplikasi terlebih dahulu, saya tidak akan menjelaskan cara pembuatan nya disini lah terlalu ribet dan bukan bagian dari topik hehe dengan kata lain saya juga belum bisa membuat nya sendiri.
  • Siapkan gambar (Logo) aplikasi, nah kalau bagian ini saya bisa terangkan. Jadi kalian tuh kudu menyiapkan logo aplikasi dengan ukuran 512 x 512 piksel tidak bisa lebih tidak bisa kurang dan ukuran file nya tidak boleh melebihi 1 MB.
  • Siapkan screenshot aplikasi, jadi begini, kan setiap aplikasi yang ada di Playstore itu sering kali kita melihat gambar dibawah nya. Nah, itulah yang harus kamu siapkan yaitu berupa screenshot aplikasi kalian dengan ukuran screenshot standar. Sobat bisa mengatur sendiri nanti di google play console.
  • Siapkan deskripsi, ya tentunya ini akan menyusul seiring dengan anda melakukan pendaftaran google play console, nanti teman teman juga akan mengerti sendiri setelah melakukan tindakan atau praktek langsung. Ada deskripsi singkat dan Deskripsi panjang aplikasi kalian, isi sesuka hati sesuai fitur dan detail penjelasan aplikasi kalian.


Cara mendaftar Google play console

Jika semua hal yang saya sebutkan diatas sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya mari kita praktekkan dan langsung memulai menuju target.

Pertama Tama, masuk ke halaman google play console. Jika dilihat lagi kalian bisa memperhatikan bahwa pendaftaran google play console harus punya VCC 25$ tuh lihat aja sendiri



Scroll kebawah dan teman teman harus menentukan nama developer kalian, ini akan muncul dibawah nama aplikasi anda. Jadi pilih nama yang keren sesuai style dan gaya yang kamu sukai, dilanjutkan dengan mengisi alamat email kontak developer dan nomor telepon. Setelah itu klik centang ceklis tuh syarat dan ketentuan nya.


Klik deh buat akun dan bayar

Lanjut akan diarahkan ke halaman pembayaran, siapkan nomor Kartu kredit atau VCC yang saya maksud beserta BB/TT dan CVC. Belum tahu? Baik saya jelaskan.


Nomor Kartu kredit atau VCC,VCN itu seperti gambar dibawah ini. Beserta nomor BB/TT


Sedangkan nomor CVC ada dibelakang nya. Ini untuk kartu fisik ya, tapi biasanya virtual card Credit juga memiliki gambar yang sama.


Nah, dimasukan lah semua data kartu kamu tersebut dan gini hasilnya lalu klik beli.

Note: untuk VCC pastikan ada saldo nya tidak kurang dari 25$ jelaslah harus ada isinya bro


Jika data yang dimasukan semua sudah benar, lengkap dan pembayaran sudah terkonfirmasi, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.


Namun sebelum anda mempublikasikan aplikasi, kalian harus memverifikasi identitas KTP, Paspor atau SIM dan kirimkan Foto scan atau gambar nya ke Google Play Console, pastikan dokumen jelas, tidak buram dan cukup cahaya lebih bagus maka proses akan semakin cepat.


Proses verifikasi ini akan berlangsung maksimal satu hari, namun bisa berlangsung lebih cepat jika dokumen yang anda upload mudah terbaca dan dipahami.


Nah, pada tahap ini selesai deh tinggal menunggu aja beberapa jam untuk verifikasi ID, anda bisa sambil membuka alat google play console nya dan mempersiapkan detail aplikasi anda sambil menunggu verifikasi identitas tersebut.


Kesimpulan : 

Begitulah cara mendaftar Google Play Console supaya menjadi developer aplikasi android dan bisa mengupload aplikasi ke Playstore. Untuk cara upload aplikasi sangat mudah kok menurut saya, langkah langkah nya sangat terstruktur, bahasa Indonesia, mudah dipahami. Anda hanya tinggal melakukan action saja untuk pendaftaran aplikasi ke Playstore, yap jadi begitu saja. Jika ada saran, masukan, komentar silahkan katakan saja karena kami sangat terbuka.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader