(Search Console) Cara Mengatasi Masalah Liputan "di index, meski diblokir oleh Robot Txt"

(Search Console) Cara Mengatasi Masalah Liputan "di index, meski diblokir oleh Robot Txt"



Anda seorang blogger, sudah berapa lama anda menjadi Blogger? Pernahkah kalian menggunakan Fitur Search Console untuk membantu memecahkan masalah pada situs kalian. Google menyediakan fitur yang dinamakan search Console untuk mengenali, memecahkan, dan melihat keberadaan situs Anda dalam hasil Google pencarian google.

Search Console sudah bisa digunakan saat anda membuat blog karena search Console ini merupakan bagian darinya. Search Console membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda. Search Console menawarkan alat dan laporan untuk tindakan sebagai berikut.

bahwa Google dapat menemukan dan merayapi situs Anda. Perbaiki masalah pengindeksan dan minta pengindeksan ulang konten baru atau yang diperbarui.

 Lihat data lalu lintas Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang menunjukkan situs Anda, seberapa sering pencari mengeklik permintaan itu, dan banyak lagi.

Terima peringatan ketika Google menemukan pengindeksan, spam, atau masalah lain di situs Anda. Tunjukkan situs mana yang ditautkan ke situs web Anda. Memecahkan masalah untuk AMP, kegunaan seluler, dan fitur Pencarian lainnya.

 Nah, bagi kalian yang blog nya mengalami masalah. Baik itu tentang penelusuran, pengindexan ataupun Perayapan situs anda. Dalam pembahasan kali ini kita akan mencoba memecahkan salah satu masalah Liputan "di index meski diblokir oleh Robot Txt" di search Console. Pemberitahuan apapun yang muncul pada search Console merupakan indikasi apa yang terjadi pada situs anda di mata Google, yang sebenarnya juga bukan masalah internal saja tetapi kita pengoptimalan atau optimasi situs juga disediakan search Console.

Nah, untuk masalah "index" pada hal yang akan kita bahas kali ini. Biasanya Kalau ada masalah atau peringatan serius, google akan mengirimkan email kepada anda. Berikut contohnya.


Dari pesan diatas, dapat disimpulkan bahwa peringatan ini cukup serius dan berdampak pada peringkat situs anda di hasil pencarian search engine. Lalu bagaimana cara mengatasi nya, berikut akan dipaparkan.

Cara Mengatasi Masalah Liputan "di index meski di blokir oleh robot txt" di search Console (Blogspot)

Jika kalian mendapati email seperti diatas, silahkan scroll kebawah dan lihat kiat untuk memperbaikinya. Silahkan klik perbaiki liputan masalah.


Yang perlu kalian ketahui, pertama Tama kita harus tahu dulu apa penyebab nya, berikut beberapa kemungkinan nya.

-ada halaman atau artikel pada blog anda yang seharusnya tidak di index namun tetap di rayapi oleh search engine, misalnya Laman(pages), blog page, ataupun laman pencarian di situs anda yang seharusnya tidak di index.
-penyebab yang utama, mungkin karena ada perubahan besar pada situs anda, misalnya perubahan tata letak, template, ataupun perubahan tiba tiba yang membuat situs anda menjadi asing, oleh karena itu, jika situs anda sudah dikenali atau populer di mata Google, jika kalian melakukan perubahan yang besar apalagi jikakalau blog anda dulu nya blog yang ramai pengunjung, namun setelah anda jarang buat artikel, jarang update, yang akan terjadi jika anda melakukan rombak secara tiba tiba pada blog, dampak nya, blog anda akan kembali lemah dengan kata lain index lambat, dan Perayapan menjadi sangat lama.

Berikut contoh laman yang dimaksud. Apakah seharusnya laman search pada situs anda di index? tidak karena itu bukanlah konten artikel.


Seharusnya tidak di index.



Jika kalian melihat detail nya, maka akan muncul pemberitahuan sebagai berikut.



Untuk mengatasi hal ini, Kalian harus mengetahui dulu beberapa hal berikut untuk menghilangkan pesan tersebut untuk memulihkan situs anda.

Kalian bisa:

Note: Untuk Blogspot

1. Menghapus URL yang seharusnya tidak di index tersebut dengan menggunakan Fitur Penghapusan di Search Console, hanya saja fitur ini sekarang dibatasi, hanya bagi pemilik Blog Domain saja, kalau subdomain terbatas. Bagi yang memiliki subdomain kalian bisa mengikuti pilihan:

-Mengatasi masalah langsung di situs. Jika dilihat, perkiraan laman Search blog yang seharusnya tidak di index tersebut bisa diakibatkan oleh penerapan artikel unggulan di dekat laman search blog tersebut, yang menyebabkan laman itu terindex secara tidak langsung, namun yah, bagi pengguna Blogspot tidak memiliki banyak pilihan seperti kalian harus menangani langsung secara manual dan membiarkan Search engine yang menanganinya perlahan dengan waktu.

Nah, Jika URL sudah dihapus. Anda bisa memvalidasi perbaikan nya, dengan mengklik Validasi pada halaman yang sama disearch Console. Klik Validasi dan lihat Detail nya.


Pengajuan perbaikan anda akan diproses dan diperiksa oleh Google dan akan segera di validasi.


Google akan memeriksa setiap item nya, tunggu proses nya. Google akan menandai status Perbaikan lulus, gagal atau alasan lainya.

Jika perbaikan berhasil, kalian akan mendapatkan email seperti gambar dibawah ini.


 Bahwa Validasi lulus


Kesimpulan: begitulah cara Mengatasi masalah Liputan "di index meski diblokir oleh Robot Txt" untuk perbaikan dan pemecahan masalah biarkan saja google bekerja dan menilai, sebab Google memiliki algoritma rumit dalam mengelola dan memilah situs situs yang mana saja yang cocok di peringkat pertama. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader